Mau Baterai Laptopmu Awet? Ikuti 6 Cara Ini!

ZETIZENID – Baterai laptop tiba-tiba drop kerap jadi ‘ujian’ dikala sibuk nugas, deadline kerjaan, atau asyik streaming film.

Kalau jarak colokan dekat sih aman saja bisa nge-charge dengan mudah, bagaimana jika charging plug diluar jangkauan kabel? Wah jelas jadi masalah. Apalagi saat laptop digunakan di fasilitas umum yang minim colokan, perkara low-batt pun bakal makin runyam.

Daripada sebal gara-gara baterai laptop gak tahan lama, yuk ikuti 5 cara dari laman bestlaptopguides berikut!

1. Aktifkan Battery-Saving Mode (Eco Mode)
Mengatur laptop dengan mode hemat baterai tau ramah lingkungan akan meningkatkan masa kerja baterai sehingga sistem lebih efisien. Hasilnya? Laptop pun dapat bertahan lebih lama.

2. Nonaktifkan Saluran dan Perangkat yang Tidak Digunakan
Penggunaan Wifi, Radio, atau Bluetooth akan menambah konsumsi daya baterai. Saat fitur tersebut tidak digunakan, jangan lupa tekan tombol non aktif agar baterai laptop tidak cepat habis ya.

3. Sesuaikan Pengaturan
Coba cek pengaturan fitur-fitur pada laptop. Misalnya, kalian bisa mengurangi kecerahan dan resolusi pada layar atau bisa juga mematikan surara. Cara ini cukup oke untuk menghemat masa pemakaian baterai.

4. Kurangi Aktifitas Program
Suka membuka belasan program sekaligus? Mungkin itulah alasan laptop kalian cepat lowbatt. Cukup buka beberapa program yang dirasa perlu, sederhanakan sedikit mungkin, agar penggunaan baterai bisa lebih hemat.

5. Hindari Cuaca Panas
Terrnyata, baterai laptop bisa bereaksi dengan suhu sekitar lho! Suhu tinggi akan merusak masa pakai baterai. Lepaskan baterai saat laptop dicolokkan dalam waktu lama dan copot-pasang baterai sesekali untuk membuatnya dingin.

6. Bersihkan Baterai dan Isi Daya Dengan Tepat
Gosok bagian logam di baterai dengan alcohol atau kain lembab, cara ini akan menjaga permukaan baterai bersih sekaligus meningkatkan efisiensi. Lalu, isi daya saat baterai benar-benar habis dan segera cabut dari colokan setelah daya terisi. Tujuannya untuk mencegah degradasi baterai dan membuatnya tahan lama

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa