Masyarakat Asahan Diimbau Cegah Paham Radikal

JawaPos.com – Masyarakat di Kabupaten Asahan diajak untuk sama-sama menjaga keamanan di Kabupaten Asahan. Ajakan itu, disampaikan oleh Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu pascateror bom yang terjadi di Kota Sibolga.

“Saat ini kita harus mencegah paham radikal masuk ke Indonesia, khususnya ke Kabupaten Asahan. Jangan sampai masyarakat terpecah belah oleh kelompok tertentu yang ingin memecah belah kesatuan Bangsa Indonesia,” ujar AKBP Faisal saat bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane dan Desa Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane, Rabu (13/3).

Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat mengenali orang-orang yang ada di sekeliling tempat tinggal. Jika ada yang mencurigakan, masyarakat diminta untuk segera laporkan kepada pihak yang berwajib.
“Kita harus sama-sama menjaga dan mendukung agar Indonesia menjadi negara maju,” imbuhnya.

Dihadapan ratusan masyarakat, AKBP Faisal juga mengingatkan agar warga tidak mudah di adu domba oleh pihak-pihak tertentu. “Saat ini banyak berita bohong atau hoaks yang disebar kepada masyarakat dengan tujuan ingin mengadu domba. Untuk itu, jika mendapat suatu informasi, silahkan di cek dahulu kebenaran nya kepada pihak yang berkompeten, seperti pemerintah daerah serta TNI dan Polri. Jangan sembarang menyebar informasi yang belum jelas kebenaran nya kepada orang lain,” jelasnya.



Menjelang Pemilu pada 17 April 2019 mendatang, Faisal mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas di lingkungan masing-masing. “Mari gunakan hak pilih sebaik-baik nya dengan datang ke TPS pada 17 April mendatang, jangan golput. Jangan mau di hasut dan di adu domba oleh pihak-pihak tertentu”, pesan Faisal.

Mantan Kasubdit jatanras Polda Sumut ini juga mengingatkan kepada masyarakat agar menghindari dan menjauhi narkoba. “Mari awasi dan jaga anak-anak kita dalam pergaulan nya. Baik di lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan sekolah. Jangan sampai terkontaminasi dengan narkoba. Jika mengetahui adanya peredaran narkoba, segera laporkan ke Polsek atau ke Polres Asahan agar segera ditindak lanjuti,” imbaunya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Ambalutu, Heri Kusmaidi mengatakan, masyarakat sangat senang dengan kunjungan Kapolres Asahan ke Desa Ambalutu. “Secara pribadi saya katakan, seumur hidup saya, baru kali ini Desa Ambalutu di datangi oleh Kapolres Asahan. Warga sangat senang atas kedatangan Bapak Kapolres dan jajaran nya,” beber Heri.

Ia menyatakan, kedatangan Kapolres Asahan menandakan perhatian kepada Desa Ambalutu. Ia berharap, semoga kedatangan Kapolres ini membawa berkah dan keamanan bagi masyarakat. “Kami warga Desa Ambalutu berkomitmen akan mendukung program-program Pemerintah khusus nya program kerja Kapolres Asahan untuk menjaga keamanan di Kecamatan Buntu Pane khusus nya di Desa Ambalutu,” tutup Heri.

Kegiatan silaturahmi dengan masyarakat 3 Desa tersebut juga sekaligus memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Asahan; pejabat di Polres Asahan; GM PTPN 3 Distrik Asahan; Camat Setia Janji; Camat Buntu Pane; Danramil Buntu Pane; Kapolsek Prapat Janji; Forkopimcam; Tokoh Adat; Tokoh Masyarakat; Tokoh Pemuda serta Tokoh Wanita.

Editor           : Budi Warsito