Masjid Turki di Karangploso Bikin Wisatawan Kepincut

MALANG KOTA – Jika anda melintasi di Jalan Karangan, Desa Donowarih, Karangploso, Malang, Jawa Timur, di sana ada masjid yang modelnya mirip Masjid Hagia Sophia di Istambul Turki. Masjid Agung Al Hidayah yang indah dan megah. Nah keindahan masjid tersebut tidak hanya nampak dari luarnya, tetapi desain interiornya juga mewah.

Masjid tersebut bisa menjadi kebanggaan warga Malang. Karena model bangunan ini sangat istimewa bahkan modelnya hanya satu-satunya di Malang bahkan di Indonesia. Suasana indah semakin terasa saat memasuki dalam masjid. Hiasan interiornya penuh dengan desain-desain khas mampu memikat mata.


Masjid yang dibangun sejak 2009 ini memiliki gaya arsitektur khas khas Turki. Ornamen Turki itu menghiasi hampir setiap detail ruangan masjid sehingga membuatnya menarik untuk dikunjungi.
Menurut Ahmad Khotib, 58, masjid ini tak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga cukup instagramable bagi pengunjung yang hobi berfoto.

“Ini kan nomor dua setelah masjid Turen. Banyak orang jauh yang foto-foto bahkan bikin video karena uniknya masjid ini. Ada yang mobilnya plat L, plat S, mana aja itu,” jelas pria yang setiap hari ikut membersihkan halaman masjid itu.

Masjid berwarna coklat ini persis berada di pinggir jalan besar, yang merupakan jalur untuk wisatawan dari Surabaya ke Batu lewat Karangploso.

Selain itu, masjid dua lantai berkapasitas 1.000 jamaah ini juga menjadi satu halaman dengan yayasan Al-Hidayah. Sekaligus terdapat makam Mbah Kyai Ismail, pendiri yayasan. Yang menurut informasi warga merupakan cucu ke-14 Sunan Kalijaga.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia