Masinton Bocorkan Rekomendasi Pansus ke KPK

Masinton Bocorkan Rekomendasi Pansus ke KPK

Anggota Pansus Angket KPK, Masinton Pasaribu membocorkan mengenai draf sementera rekomendasi kepada KPK. Salah satunya adalah pembentukan dewan pengawas KPK.

“Iya ada dewan pengawas,” ujar Masinton saat dihubungi awak media, Kamis (1/2).

Gedung KPK Merah Putih
(Dery Ridwansyah/RADAR MALANG ONLINE)

Anggota Komisi III DPR ini mengaku, adanya rekomendasi sementara pembentukan dewan pengawas ini, lantaran lembaga yang dikepalai oleh Agus Rahardjo ini agar tetap berjalan sesuai koridor, dan peraturan yang ada. Sehingga tidak terjadi penyimpangan.

“Supaya KPK dalam melaksanakan tugas sehari-hari tidak terjadi penyimpangan, kesewenang-wenangan, abuse of power,” katanya.

Nantinya rekomendasi Pansus Angket DPR ke KPK ini akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tapi adanya rekomendasi pembentukan dewan pengawas ini bukan untuk mengintervensi KPK. Melainkan supaya KPK berjalan sebagaimana mestinya.

“Tidak menyimpang dan memastikan pelaksanaan KPK sesuai dengan koridor hukum,” katanya.

Dewan pengawas ini apabila terbentuk akan diisi bukan dari orang-orang KPK. Melainkan dari eksternal, yang terdiri dari masyarakat dan juga akademisi. “Jadi karena KPK ini institusi negara, KPK tidak bisa mengingkari bukan institusi negara,” pungkasnya.


(gwn/JPC)