Masih Berusia 29, Mantan No 1 Dunia Putuskan Akhiri Karir Musim Ini

JawaPos.com – Caroline Wozniacki tentu ingin mengakhiri karir dengan tampil gemilang di grand slam Australia Terbuka 2020. Karena itu, sudah semestinya petenis Denmark tersebut mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan turun di berbagai turnamen pemanasan pada awal tahun ini.

Sayang, rangkaian persiapan itu harus terhenti setelah dia mundur dari Kooyong Classic yang sedianya dimulai kemarin.

Kooyong Classic merupakan turnamen pemanasan terakhir yang harus diikuti Wozniacki sebelum Australia Terbuka.

Namun, setelah tampil habis-habisan di Auckland Classic, kondisi fisiknya tak mengizinkan untuk terus diforsir. Agar bisa tampil fit di Australia Terbuka, petenis 29 tahun tersebut memilih mundur dari turnamen yang digelar sejak 1988 itu.

’’Dia (Wozniacki) merasa sedikit kesakitan setelah tampil di Auckland. Jadi, sebagai tindakan pencegahan menjelang Australia Terbuka, dia memutuskan untuk mundur,’’ ucap Peter Johnston, direktur turnamen Kooyong Classic, seperti dilansir ESPN.

Di Auckland, mantan petenis nomor satu dunia itu memang cukup kelelahan. Sebab, dia tampil di dua kategori sekaligus. Tunggal dan ganda. Di nomor ganda, dia berpasangan dengan sahabatnya, Serena Williams. Lebih melelahkan lantaran di dua sektor tersebut dia sama-sama menembus babak-babak akhir. Di nomor tunggal, Wozniacki terhenti di semifinal. Sementara itu, di ganda, Wozniacki kalah di babak puncak.

Sebelum memulai musim 2020, juara Australia Terbuka 2018 tersebut mengumumkan akan mengakhiri karir setelah tampil di Australia Terbuka. Dia ingin berfokus membangun keluarga bersama mantan bintang NBA David Lee. Selain itu, Wozniacki ingin berfokus menyembuhkan penyakit rheumatoid arthritis yang dideritanya.

Wozniacki memilih Australia Open sebagai turnamen penutup karir karena grand slam itu sangat berarti buatnya. Satu-satunya gelar grand slam diraih dari grand slam pembuka musim itu. Tepatnya Australia Open 2018. ’’Aku merasa telah mencapai semuanya di tenis. Inilah saat yang tepat bagiku untuk memutuskannya (pensiun),’’ ujar Wozniacki.