Masih Ada 36 Pohon Rawan Tumbang

KOTA BATU – Istilah sedia payung sebelum hujan nampaknya betul-betul diperhatikan oleh Pemkot Batu. Meski musim hujan masih terbilang lama, langkah antisipasi terus dilakukan. Hal itu terlihat sejak Selasa (18/6) kemarin, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bina Marga mulai membabat pohon di sekitaran jalan yang sudah dalam kondisi lapuk. Salah satunya yang terlihat di Jalan WR Supratman, Kecamatan Batu, kemarin siang. Para pekerja dari dinas terkait sibuk mengepras pohon yang rawan tumbang.

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan PUPR Bina Marga Kota Batu Munsif Fanani menyatakan, pemotongan pohon dilakukan sebagai upaya penekanan kejadian pohon tumbang yang kerap terjadi. Meski musim hujan masih terbilang lama, dia meyakini jika angin kencang tidak bisa diprediksi, Selain itu, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi juga menjadi faktor utama pihaknya melakukan antisipasi sejak dini.

”Kami lakukan sejak kemarin. Baru enam pohon yang sudah kami tebang. Nantinya mobile di jalanan Kota Batu, biar pengendara aman dan tidak waswas adanya pohon tumbang,” kata dia.

Rata-rata usia pohon yang ditebang sudah melebihi usia 20 tahun, pohon jenis sono kembang yang sudah ditebang, oleh Fanani diganti dengan bibit yang baru. Sementara perkiraan jumlah pohon yang rawan tumbang, dirinya menyebut ada sekitar 40 pohon yang ada di Kota Batu dengan kondisi lapuk.

”Selain BPBD Kota Batu, PUPR Bina Marga juga memiliki tupoksi untuk memantau pohon yang rawan tumbang,” imbuhnya.



Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib
Fotografer : Miftahul Huda