Masakan Padang Viral, Mahasiswa UIN Malang Pamerkan di “Expo Academic Humaniora 2019”

Para mahasiswa UIN Malang menjajakan nasi Padang

KOTA MALANG – Suasana meriah terlhat di gedung fakultas humaniora UIN Malang hari ini, Rabu (24/4). Seluruh lorong dari lantai 1 dan beberapa ruang kelas disulap menjadi ajang bazar dan lomba.

Memang, sejak Selasa kemarin (23/4) fakultas yang terdiri dari dua jurusan, yakni Sastra Arab dan Inggris tersebut menggelar acara yang bertajuk “Humaniora Academic Expo 2019”.

Salah satu dari rangkaian kegiatan yang paling menarik beberapa pengunjung ialah bazar makanan. Para pengunjung bergerombol melihat dan membeli makanan yang dihidangkan di setiap stan.

Stan-stan tersebut merepresentasikan makanan lokal seperti masakan Betawi, Sunda, Padang dan Jawa, serta ada pula makanan khas barat, yakni spagethi yang dihidangkan di salah satu stan.

Yang menarik bukan hanya makanannya, tapi para mahasiswa juga. Karena mereka memakai pakaian khas masing-masing negara asal makanan yang mereka jajakan.



Contohnya, mahasiswa semester dua Sastra Inggris. Dia tidak hanya menjual nasi Padang, mereka juga beramai-ramai memakai pakaian khas Padang beserta asesoris yang menghiasi kepala sampai ujung kaki mereka.

Selain itu, jika ke stan Padang ini, jangan kaget apabila para penjaga akan melayani dengan menggunakan bahasa Inggris atau Arab. Sebab, mereka diwajibkan untuk menggunakan kedua bahasa international itu.

“Yes, we have to speak either Arabic or English, when we talk to the customer or everyone here, (ya kami harus berbicara bahasa Inggris atau Arab, ketika kami berbicara ke pembeli atau semuanya yang ada di sini),” ujar Sakinah Asa Lalita dengan menggunakan bahasa Inggris.

Penggunaan bahasa Inggris, lanjut Lita, diwajibkan karena ini sebagai ajang ia berlatih berbicara bahasa yang menjadi bahasa wajib jurusannya di kelas.

“Karena kami kan jurusan sastra Inggris ya berguna. Bukan hanya kami stan lainnya juga harus pakai bahasa Arab atau Inggris” imbuhnya.

Bazar makanan ini akan usai besok, sesuai akhir dari rentetan kegiatan “Expo Academic Humaniora 2019”. Kalau ingin mengasah keahlian bahasa Inggris atau Arab sekaligus mengetahui asal-usul makanan khas dari sebagian daerah di Indonesia dan barat, tidak ada salahnya datang dalam expo tersebut.

Pewarta : Bob Bimantara Leandre
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Bob Bimantara Leandre