Masa Tenang, Waktunya Bersih-Bersih APK

KOTA BATU – Masa tenang pemilu yang berlaku sejak kemarin (14/4) membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu mulai bergerak. Sejumlah sudut Kota Batu disisir mereka. Alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang ditertibkan semuanya. Petugas Bawaslu tidak sendirian. Ada personel Satpol PP dan Polres Batu yang turut dilibatkan.

”Kami sisir dari dalam, lalu ke jalan protokol,” terang Ketua Bawaslu Kota Batu Abdul Rochman. Selain penertiban APK, dia juga menegaskan pentingnya ketenangan di media sosial. ”Sesuai peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akun yang terdaftar di KPU jika masih kampanye akan di-suspend,” tegasnya.

Untuk memonitor APK di sejumlah titik, Bawaslu membagi personelnya menjadi empat tim. Disesuaikan denga jumlah daerah pemilihan (dapil). Mereka turut dibantu pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dalam melakukan tugas tersebut. ”Di area dekat TPS akan dibersihkan PTPS dari tiap RT,” imbuh Rohman.

Support penuh ditunjukkan Satpol PP Kota Batu. Total ada 20 petugas yang diterjunkan mereka untuk membantu Bawaslu Kota Batu. ”Kami sebar dalam empat tim. Sisanya ada yang mobile juga,” terang Sekretaris Satpol PP Kota Batu Muhammad Nur Adhim.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Mochamad Sadheli