Ma'ruf Amin: Jangan Takut Jadi Sadikin

JawaPos.com – Sekitar seribuan masyarakat yang sudah menunggu Ma’ruf Amin di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau, Kota Medan, Sabtu (9/3) akhirnya sumringah. Pasalnya sang kiai yang juga Wakil Presiden nomor urut 01 itu akhirnya tiba dan langsung memberikan sambutan, Sabtu (9/3).

Massa yang awalnya sudah menepi karena panas yang terik kembali merapat ke depan panggung. Seperti biasa Ma’ruf yang datang bersama istrinya Wury Estu Handayani menyampaikan keberhasilan Joko Widodo selama menjabat sebagai presiden. Terutama dengan ‘kartu sakti’ yang selalu menjadi andalan mereka saat berkampanye. 

Ma’ruf pun menyosialisasikan soal Kartu Indonesia Pintar. Dulu, kata Ma’ruf, anak-anak yang kurang mampu takut untuk sekolah karena tak ada biaya. Semenjak ada KIP semuanya bisa sekolah. “Itu sudah bukti. Bukan cuma janji. Ada yang baru janji doang,” ujar Ma’ruf Amin, Sabtu (9/3). 


PILPRES: Ma’ruf Amin saat baru tiba di Lapangan Gajah Mada Kota Medan, Sabtu (9/3). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Ma’ruf juga menyampaikan soal Kartu Indonesia Sehat (KIS). Banyak masyarakat miskin yang terbantu. Ma’ruf juga mengatakan, sudah satu juta orang miskin yang sudah dibantu Jokowi. Dia mengumpamakannya dengan istilah Sadikin

“Tahu Sadikin. Sakit Sedikit Jadi Miskin. Dia tidak miskin. Tapi kalau sakit, cuci darah langsung miskin. Karena tidak ada bantuan dari pemerintah. Sekarang tidak usah takut jadi Sadikin,” paparnya.

Mendengar itu pada pendukungnya tertawa. Sekarang, lanjutnya, orang sakit langsung dilayani oleh Puskesmas atau rumah sakit. “Kalau tidak punya beras, tidak punya telur ada dapat kartu Keluarga Harapan. Makanya jangan takut. Ada gak di Sumut? Makanya jangan takut,” ujarnya. 

Kampanye Ma’ruf Amin disandingkan dengan deklarasi dan pelantikan Relawan Rumah Kerja Bhineka Nusantara Jokowi-Ma’ruf Amin (JOKMA) Sumatera Utara. Sejumlah tokoh tampak hadir dalam acara itu. Diantaranya Tengku Erry Nuradi, Rudi Hartawan Tampubolon dan lainnya. Acara itu juga dihibur dengan artis Camelia Panduwinata atau yang akrab disapa Camelia Petir. 

Ma’ruf dijadwalkan akan berkunjung ke beberapa lokasi di Sumut. Usai memberikan pidato, Ma’ruf dikabarkan bergerak ke Jalan Pelajar, Kota Medan untuk berkunjung ke Ponpes Al Kautsar. Selanjutnya, dia akan terbang ke Tapanuli Tengah untuk menjalankan sejumlah agenda politik di sana. 

Editor           : Sari Hardiyanto

Reporter      : Prayugo Utomo