Maraknya Suasana Ramadhan di Damaskus

DAMASKUS – KBRI kembali mengadakan kegiatan buka bersama masyarakat Indonesia di Damaskus, Jumat (8/6). Rangkaian kegiatan religi dimulai dengan acara buka puasa bersama di Aula KBRI Damaskus yang dihadiri oleh Duta Besar RI, staf KBRI, mahasiswa, pelajar, dan para TKI yang berada di shelter KBRI Damaskus.

Usai berbuka (ta’jil), kemudian shalat Magrib bersama yang dilanjutkan dengan acara lanjutan buka bersama dengan santapan hidangan khas Indonesia, seperti soto, empal daging, dan aneka makanan Indonesia lainnya.

Usai berbuka, dilanjutkan kemudian ceramah Ramadhan yang kali ini disampaikan oleh Ust. Saifannur, dimana beliau menjelaskan ayat yang artinya: ”Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” [Ali imarn 185].

Kemudian acara dilanjutkan dengan Isya dan shalat tarawih bersama dipimpin oleh Ust. Firman Manzili.

Rangkaian acara berbuka bersama dan shalat tarawih ini selain untuk beribadah meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah Subhanahu wata’laa, juga bertujuan untuk memperkokoh semangat persaudaraan, toleransi dan persatuan antar WNI di Damaskus.



Selain itu, momen religi ini juga menjadi ajang pelepas rindu masyarakat Indonesia dengan suasana Ramadhan di tanah air. Tak heran jika masyarakat Indonesia di Damaskus, begitu antusias untuk menyemarakkan Ramadan di negara yang saat ini masih dilanda krisis ini.

Sumber: Pensosbud KBRI Damaskus