Marak Usaha Tak Berizin, Plt Kasatpol PP Kota Batu Imbau Pengusaha Tak Salahi Perda

KOTA BATU – Ramainya toko retail modern yang menyalahi perda menjadi pantauan serius bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Oleh sebab itu Plt Kasatpol PP Kota Batu Muhammad Noer Adhim mengimbau kepada pebisnis yang ingin membuka toko retail modern tidak menyalahi perda.

“Aturan perda sudah jelas. Untuk membuka toko retail modern di poros jalan daerah harus berjarak 1.000 meter sedangkan untuk poros jalan nasional berjarak 500 meter dengan toko retail modern lainya,” papar Adhim. Ia juga menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir Satpol PP Kota Batu dan anggota DPRD Kota Batu sudah memberikan sosialisasi pada dua toko retail modern yang menyalahi perda.

Adhim menjelaskan pemilik toko yang mendapatkan sosialisasi dari Pemkot Batu banyak yang berdalih telah mengeluarkan modal banyak dan telah memenuhi One Single Submission (OSS) diantaranya kelengkapan perizinan analisa mengenai dampak lingkungan dan perizinan mendirikan bangunan.

“Sedangkan kalau memang banyak mengeluarkan modal. Dalam membentuk perda juga butuh modal yang juga besar,” tegas Adhim. Ia juga menambahkan terlebih perda sendiri juga merupakan seruan dari masyarakat sehingga yang akan merasakan keuntungannya juga masyarakat sendiri.

Oleh sebab itu Adhim mengajak para pebisnis yang akan mendirikan toko retail di Kota Batu untuk lebih dahulu memahami perda. “Jangan sampai bisnis sudah berjalan lalu mendapatkan teguran karena menyalahi perda. Karena tentu akan merugikan banyak pihak,” pungkasnya.



Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar