Mantul, Lulusan ITN Bikin Aplikasi Jadwal Majelis Sampai Serbuk Minuman Anti Disminore dan Anemia

KOTA MALANG – Kreatif. Begitu kiranya yang dilakukan oleh Wilda Arrifatul Faisalnur, 22. Mahasiswa Teknik Informatika S-1 Institusi Teknologi Nasional (ITN) Malang ini membuat website pencarian Majelis Sholawat, bernama Info Majelis.

Menurut pria asal Blitar ini, idenya bermula dari hobi yang kerapkali mengikuti beragam sholawat majelis di Malang-Blitar. Kemudian, ia terdorong untuk membuat aplikasi yang dapat merekomendasikan event majelis islami berdasarkan jarak terdekat dengan lokasi pengguna.

“Saya merasa jadwal event majelis yang terakomodir itu masih sangat kurang. Padahal di Kementerian Agama (Kemenag) daftar majelis saja sudah ada ribuan,” katanya

Menurut mahasiswa dengan IPK 3,85 ini. Situs karyanya bisa diakses melalui laman https://jadwalmajelis.com/. Di dalamnya berisi aneka konten menarik terkait informasi majelis. Mulai dari jadwal acara, pengisi acara, profil ulama, profil majelis, koleksi kitab sampai dengan rute lokasi acara.

“Rencananya akan kita kembangkan ke aplikasi tapi masih butuh waktu, mengingat untuk memasang sistem di Play Store itu berbayar,” jelasnya



Skripsi karya calon lulusan S-1 Teknik Kimia, Ibra Moch. Isdes ini juga tak kalah menarik. Pria asal Blitar dengan IPK tertinggi 3,86 ini mempunyai dua buah karya. Satu, membuat inovasi minuman serbuk mix fruit and vegetable sebagai penelitian tugas akhir. Juga, pra rencana pabrik Etilen Dibromida dari Etilen dan Brom dengan Proses Brominasi kapasitas 50 ribu per ton setiap tahun untuk judul skripsinya.

“Minuman serbuk mix fruit and vegetable itu saya buat untuk penderita disminore (haid) dan anemia,” ujarnya.

Minuman serbuk tersebut mengandung komposisi alami kaya zat besi. Antara lain, bayam merah, kacang merah, buah bit dan jambu biji merah.

“Untuk disminore, sudah kita ujikan ke 25 orang dengan nyeri haid yang sama. Dua kali minum sudah berkurang,” tuturnya. Sementara, untik anemina tingkat kesembuhan berkisar antara 40-60 persen.

Kedua mahasiswa ini, merupakan dua dari 13 mahasiswa berprestasi yang akan diwisuda Sabtu mendatang (9/3) di Kampus II ITN Malang. Selaon belasan mahasiswa tersebut, total akan ada 303 mahasiswa yang juga turut diwisuda.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia
Penyunting : Fia