Mantab ! Kabupaten Malang Surplus Sapi, Tak Perlu Impor Daging

Sapi sapi dari peternak di Kabupaten Malang

MALANG – Tingginya produktivitas daging sapi lokal yang sudah melimpah di Kabupaten Malang, membuat Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Nurcahyo membuat sikap. Dirinya memastikan tidak akan melakukan impor daging sapi, untuk masuk ke wilayah Kabupaten Malang.

Selain karena sudah tercukupi, ia juga berkaca pada kebijakan pelarangan impor daging yang berasal dari instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk tidak impor daging dan tetap mempertahankan kualitas serta kuantitas daging sapi lokal.

“Alhamdulillah kondisi sekarang di Kabupaten Malang surplus daging, surplus daging kita mencapai 75 persen,” terang Nurcahyo.

Positifnya, Kabupaten Malang bahkan sanggup mensuplai kebutuhan daging untuk sejumlah? daerah lain di Jawa Timur. “Kalau masalah kebijakan pelarangan daging impor ini memang hasil dari kesepakatan bersama seluruh kota maupun Kabupaten se Jawa timur,” terang Nurcahyo.

Selain dikirim ke beberapa daerah di Jawa Timur, sapi di Kabupaten Malang juga dikirim ke? luar pulau seperti Kalimantan dan Sulawesi. “Dalam setahun saja kalau di kalkulasi ada sekitar 60 sampai 70 ribu ekor sapi anakan yang lahir, itu sekitar Rp 639 miliar perputaran uangnya,” tutupnya.



Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido