Manfaatkan Board Game, Mahasiswa FEB UB Belajar Teori Komunikasi

KOTA MALANG – Pelatihan Komunikasi dan Personal Branding yang digelar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (16/11) di Ruang Sidang Utama FEB UB berlangsung seru.

Sebanyak 22 mahasiswa S1 semester 5-8 diajak belajar komunikasi menggunakan board game khusus. Mereka dipandu Mochamad Fadli, alumni FEB UB yang kini bekerja di Adidas Indonesia.

Board game ‘Speak to Change’ berwarna merah dan putih yang digunakan terdiri dari 20 papan kotak kecil untuk ‘tatakan’ lakon. Di keempat sudut, diletakkan boneka alias ‘lakon’ yang memiliki tulisan ‘kepribadian’ masing-masing boneka. Seperti pribadi ‘Si Pemikir’.

Cara mainnya, mahasiswa diberi kesempatan untuk menjalankan bonekannya ke arah horizontal dan vertikal, putar 90 derajat, atau menggunakan skill. Ketika menggunakan skill, maka kotak di depan dan belakang boneka akan dibalik dari warna merah menjadi putih.

“Misinya pemain harus berhasil membalik kotak-kotak itu agar berwarna merah segaris, lalu di ujung kotak itu kan ada mainan berbentuk bintang bertuliskan ‘achievement’. Nah bintang itu harus dikumpulkan sebanyak-banyaknya,” ujar Fadli.

Dalam permainan ini ada 4 orang yang dibedakan jadi 2 kubu dan saling bersaing. Dari game ini menurut Fadli, mahasiswa diajak untuk mempelajari komponen komunikasi. Seperti gesture, intonasi, dan kata-kata.

Metode ini pun sukses membuat mahasiswa takjub. Salah satunya Ester Mahyuni Sianipar, mahasiswa manajemen semester 7. Konsep pelatihan komunikasi dua arah dengan metode ini menurutnya sangat menyenangkan dan beda dari pelatihan pada umumnya.

“Kalau pematerinya kayak gini sih cocok banget buat anak muda kayak kami. Selama ini, bahkan sampai saat ini pun dalam komunikasi dan personal branding kami belum maksimal. Di sini pemateri sangat fun, jadi materinya gampang masuk,” ungkapnya.

Perlu diketahui, acara ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dalam bidang human resource yang dibuat oleh para dosen. Yakni oleh M Abdi Dzil Ikhram, SE, MM; Dr Dra Sumiati, SE, MSi, CSRS; Prof Dr Drs Margono, SU; dan Nadiyah Hirfiyana Rosita, SE, MM,CMA.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra M