MALANG KOTA – Seiring kasus Covid-19 melandai, kunjungan di mal atau pusat perbelanjaan meningkat. Mal yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang Raya misalnya, semester I ini meningkat 20 persen dibanding semester II tahun lalu.
Ketua Umum APPBI Malang Raya Suwanto mengatakan, peningkatan sekitar 20 persen itu disebabkan kinerja yang cukup baik selama semester I. “Semester satu kurang lebih ada di tingkat 85 persen kunjungannya. Sebelumnya 65 persen (di semester II/2021),” ujar Suwanto, kemarin (15/7).
Awal tahun lalu, Suwanto menetapkan target kunjungan di angka 85 persen. Kemudian pada semester I tahun ini, katanya, beberapa mal telah mencapai target. “Mal yang tergabung dalam APPBI Malang Raya ada 10. Ada beberapa yang sudah mencapai target 85 persen. Dan ada yang kunjungannya masih di angka 50 hingga 70 persen,” kata Suwanto.
”Saya optimistis, tahun ini semua mal bisa mencapai target kunjungan 85 persen,” tambahnya.
Sementara itu, kunjungan mal di Kota Malang bertambah 3 ribu hingga 9 ribu dari hari-hari biasanya. Misalnya Malang Town Square (Matos). “Sejak pekan lalu kunjungan kami naik. Tercatat ada 35 ribu saat weekday dan 40 pengunjung saat weekend,” ujar Mall Director Matos Fifi Trisjanti.
Fifi mengaku kelompok makanan dan minuman (mamin) paling banyak diserbu oleh pengunjung. “Karena pas liburan sekolah, orang-orang datang bersama keluarganya untuk makan bersama juga di sini,” imbuhnya
Tak hanya Matos, Mal Olympic Garden (MOG) juga mengalami kenaikan pengunjung sejak liburan sekolah, 27 Juni lalu. Tenant Relation MOG Peptina Magdalena mengungkapkan, sejak pekan lalu kunjungan weekdays dan weekend rata-rata di angka 12.500 pengunjung hingga 20 ribu pengunjung per hari. “Tapi weekend kemarin meningkat menjadi 23 ribu kunjungan,” ujar Peptina.(mit/dan)