Malang Pet Expo, Jambore-nya Pencinta Hewan Peliharaan

Pawang dari Unit K-9 Brimob Fredayandi (dua dari kanan) menerima penghargaan dari salah satu juri, Alexander Ubwarin (kiri) untuk sajian uji ketangkasan anjing.

PAKIS – Beberapa komunitas pencinta satwa kemarin (5/5) ”menyerbu” lapangan tembak Mako Brimob Den-B. Mereka berkumpul, bersilaturahmi di acara bertajuk ”Malang Pet Expo”. Atau jambore-nya pencinta hewan peliharaan.

”Acara ini dalam rangka pameran KRI (Klub Rottweiler Indonesia) wilayah Jatim juga. Dihadiri seluruh komunitas pencinta anjing yang ada di Indonesia. Komunitas burung dan reptil juga turut hadir,” kata ketua panitia Malang Pet Expo 2018 Toto Puji Widodo.

Acara yang bakal digeber hingga hari ini (6/5) itu punya beberapa misi. Diarahkan untuk saling bersinergi antarkomunitas dan saling mengedukasi anggotanya.

”Tadi (kemarin) hadir dari Dinas Peternakan dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) juga, ada pemeriksaan hewan secara gratis,” sambung Toto. Beberapa pejabat dan pentolan komunitas satwa di Jatim juga turut hadir dalam acara tersebut.

Di antaranya, Ketua KRI Jatim Yudi Hartono, Ketua Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Jatim Hermanto Gunawan, Kepala Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Tedy Purnanto, serta penasihat KRI pusat Mayjen (Purn) TNI IGK Manila. Di hari pertama kemarin, acara talk show dan edukasi dari setiap komunitas disajikan.

”Kegiatan hari ini (kemarin) ada expo komunitas yang menunjukkan profil dan kepiawaian hewan peliharaannya,” terangnya.

Salah satu sajiannya seperti uji ketangkasan atau anjing. Hewan peliharaan tersebut diharuskan melewati beberapa rintangan, seperti melewati kolong.

”Ada juga pameran anatomi, memperlihatkan model dan bentuk anjing,” sambung pria yang tergabung di komunitas Canine Malang (pencinta dan pelatih anjing) tersebut.

Sajian tak kalah menarik juga ditunjukkan komunitas pencinta burung dan reptil. ”Tercatat hari ini (kemarin) hanya ada atraksi dan edukasi. Contohnya seperti edukasi cara merawat burung paruh bengkok,” tutupnya.

Pewarta: Ali Afifi
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Malang Pet Expo