Malam Tahun Baru Dinas LH Siagakan 25 Mobil Toilet

JawaPos.com – Malam pergantian tahun akan dimeriahkan dengan berbagai acara. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun berencana mengadaan car free night (CFN) dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Monas.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga telah bersiap mengahadapi malam pergantian tahun. Setidaknya 25 mobil toilet akan disiagakan. Tujuannya untuk memfasilitasi warga di lokasi acara.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, 25 mobil toilet itu akan ditempatkan di titik-titik keramaian. Seperti di Bundaran HI, Monas, Jalan MH Thamrin, dan kawasan Kota Tua.

“Kami sediakan 25 mobil toilet yang akan disebar ke sejumlah titik,” kata Isnawa, Sabtu (29/12).

Selain itu pihaknya juga mengerahkan sarana kebersihan berupa kendaraan angkut sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit, serta pickup lintas 42 unit.

“TPST Bantar Gebang akan beroperasi 24 jam saat malam pergantian tahun. Kami juga  menyebar ribuan dust bin di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru,” ujarnya.

Sebelumya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 6.800 satuan tugas kebersihan atau pasukan oranye pada malam tahun baru 2019. Mereka akan disebar dititik-titik keramaian warga saat malam tahun baru.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, dengan pengerahan ribuan pasukan oranye ini diharapkan di hari pertama 2019, yakni Selasa (1/1) pagi seluruh Jakarta ditargetkan bersih dari sisa-sisa perayaan pergantian tahun.

“Kami kerahkan 6.800 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Bahkan, kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” kata Isnawa, Jumat (28/12).

(rgm/JPC)