Maksimalkan Aset, UIN Malang Buka UIN Mart

KOTA MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengembangkan bisnis usaha. Kampus hijau itu bakal melakukan grand-launching ritel modern bernama UIN Mart 27 November mendatang.

Munculnya usaha ritel yang bertempat di dekat Masjid At-Tarbiyah UIN Malang ini merupakan ide dari Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Malang untuk memanfaatkan aset berupa lahan yang dimiliki UIN Malang agar dimanfaatkan sebagai keperluan bisnis.

“Nantinya juga dari UIN Mart ini bisa meningkatkan pendapatan untuk kampus seperti tugas kami yang diarahkan untuk memanfaatkan aset untuk keperluan bisnis” ujar Staff P2B UIN Maliki Malang, Bobi Setiawan, Lc, M.E.

Dijelaskan Bobi UIN Mart ini untuk mendapatkan pendapatan yang maksimal dari usaha ritel itu. P2B UIN Malang bekerjasama dengan pihak ketiga, yakni CV. Wahyu Arta Jaya untuk mengelola sisi managerial UIN Mart dari perekrutan karyawan hingga sistem jual-beli.

“Kita butuh seorang yang profesional kan untuk mengelolah ritel ini. Maka, kami ini bekerjasama dengan pihak ketiga dari sistem pengelolahannya,” ujarnya.

Hasil dari kerjasama tersebut, lanjut Bobi, berupa sharing profit atau bagi hasil dari usaha ritel tersebut, yakni 50 : 50.

“Jadi mereka yang mengelolanya kami hanya menyediakan tempat dan nama saja UIN Mart jadi hasilnya akan dibagi 50 banding 50,” tuturnya.

Untuk produk yang dijual di UIN Mart sendiri, kata Bobi, berupa makanan, minuman serta keperluan mahasiswa lainnya.

“Iya kami jualnya berdasarkan keperluan mahasiswa. Harganya juga relatif murah karena pihak ketiga ini memang profesional di bidang usaha ritel,” tuturnya.

Sebagai informasi, sebelum Grand Launching pada 27 November 2019 mendatang, P2B telah menggelar soft launching pada Oktober lalu.

“Dan kami juga sudah beroperasi tapi itu masih trial melihat respon dari warga UIN Malang,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leader
Penyunting: Fia