Makin Terpercaya, Jumlah Mahasiswa Unikama Naik Signifikan

KOTA MALANG – Kepercayaan masyarakat terhadap kualitas Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) melonjak sangat signifikan dan jadi kampus multikultural yang dapat dibanggakan Kota Malang. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya volume mahasiswa di kampus tersebut.

“Mahasiswa kita memang tercatat dari Sumatra sampai Papua ada. Penerimaan mahasiswa baru kita tercatat sudah mulai ke arah stabil, kalau tahun lalu 700 an sekarang mulai 1100 sekian,” tukas Dr Sudi Dul Aji MSi, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dalam jumpa pers bersama awak media Jumat, (18/10).

Perkembangan Unikama memang signifikan. Masukan mahasiswa mereka juga diimbangi lulusan. Tahun ini bahkan, prosesi wisuda harus dipecah menjadi dua hari, 19 Oktober dan 20 Oktober 2019 karena banyaknya wisudawan.

“Karena jumlahnya secara keseluruhan ada 1078 mahasiswa, kita bagi di hari pertama 542 mahasiswa dan hari kedua 536 mahasiswa,” tambahnya.

Mahasiswa dari 21 Program Studi dari 7 Fakultas termasuk Pascasarjana bakal disahkan besok dan lusa.

Dihari pertama, Fakultas Ilmu Pendidikan meluluskan 411 mahasiswa, Fakultas Hukum 4 mahasiswa, Fakultas Peternakan 55 mahasiswa, Pascasarjana 47 mahasiswa dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) 25 mahasiswa.

Ketua Panitia acara wisuda tahun ini, Rusfandi MA PhD berkata, spesial tahun ini Unikama bakal mewisuda total 25 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“PPG di Unikama sudah dua tahun berjalan. PPG ini unit tersendiri di Unikama, UPT sendiri tapi tetap dibawah koordinasi langsung Rektor,” kata pria yang juga menjabat Wakil Direktur Program Pascasarjana Bidang Akademik Unikama ini.

Dihari kedua, Fakultas Bahasa dan Sastra bakal mewisuda 154 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi meluluskan 203 mahasiswa. Terakhir, Fakultas Ekonomika dan Bisnis mewisuda 179 mahasiswa.

“Totalnya ada 536 mahasiswa di hari kedua, mahasiswa terbanyak dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP),” tukasnya.

Selama dua hari wisuda, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, Prof Dr Ir Soeprapto DEA hingga Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander bakal dijadwalkan hadir meramaikan sambutan dalam proses wisuda.

Wisuda kali ini mengambil tema Penguatan Nasional Karakter Building Melalui Pendidikan di Era revolusi industri 4.0. “Jadi lebih pemahaman dan penanaman karakter di era revolusi industri itu sendiri, seperti visi Unikama di tahun ini,” tandas Sudi lagi.

Sudi berharap wisuda sendiri bisa menjadi prosesi pengukuhan akademik tahunan yang dijadikan ajang “saingan prestasi” bagi para mahasiswa atau wisudawan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia