Makin Nyaman, Pemandian Metro Kini Punya Cafe Outdoor

KEPANJEN – Warga Kabupaten Malang khususnya Malang Selatan, pasti tak asing dengan pemandian metro. Pemandian yang berada di sudut Jalan Raya Kawi, Sukun, Kepanjen ini kini punya wajah baru.

Dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa di bawah naungan Pemkab Malang, pemandian yang berada di yang berada di samping Jembatan Metro penghubung Malang dan Blitar yang selalu dilewati kendaraan jika hendak menuju Blitar ataupun Karangkates itu kini makin cantik karena oleh pengelola dicanangkan bakal dijadikan rest area.

“Karena kan ini makin banyak wisata baru, pemandian metro tidak boleh ketinggalan, harus berbenah,” tutur Direktur Utama PD Jasa Yasa Ahmad Faiz Wildan.

Wajah baru pemandian Metro dilengkapi dengan taman dan tempat parkir kendaraan yang diperluas. Naik ke atas, ada semacam kafe outdoor yang masih belum beroperasi namun nampak estetis dan kekinian.

“Di situ akan kami buat cafe sehingga bisa menjadi tempat santai untuk beristirahat,” tutur Wildan. 



Pernak pernik khas kayu juga nampak indah di pintu masuk Pemandian yang menurut pengelola disana sudah ada sejak jaman Belanda. Termasuk dengan rencana penambahan kios-kios kuliner di atas.

Kedalaman kolam ini dulu disinyalir mencapai 3,65 meter dan terdapat spot untuk loncat indah di pinggirnya.

Namun, mengingat pengunjung yang datang banyak didominasi anak-anak dan keluarga, dengan alasan keamanan, kolam tersebut kemudian direnovasi dan mengalami pendangkalan sampai tersisa 1,80 meter saja.

Kini pemandian metro sering digunakan untuk club renang setempat yakni Metro Swimming Club (MSC) untuk mengajari murid-murid yang ingin belajar berenang.

Jika sebelumnya, pemandian metro hanya tersebut terdiri dari dua kolam, kini bertambah satu kolam lagi berukuran kecil untuk anak-anak yang lebih dangkal.

“Air di sini juga dari sumber hutan ini dan tanpa kaporit sedikitpun,” kata pria pengelola karcis masuk wisata ini.

Gazebo dan sederet kamar ganti yang nyaman ditambah warung yang berjejer di atas makin menambah daya tarik jika memang pengelola ingin menjadikan kawasan ini sebagai rest area.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia