Makin Banyak Milenial Indonesia Melancong ke Mancanegara

JawaPos.com – Jumlah perjalanan internasional dari dan ke Indonesia meningkat. Untuk yang menggunakan penerbangan murah saja, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat ada peningkatan jumlah penumpang rute internasional.

Sepanjang 1 Januari-20 September, jumlah penumpang maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier (LCC) khusus rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,16 juta orang. Angka ini naik empat persen dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 3,04 juta penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat dari 1 Januari-20 September tercatat sebanyak 22.805 penerbangan. Angka ini naik enam persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 21.517 penerbangan.

Untuk diketahui maskapai LCC yang melayani penerbangan rute internasional di Soekarno-Hatta antara lain AirAsia Group, Lion Air Group, Jetstar, Citilink, Cebu Pacific dan Scoot.



Setiap harinya total terdapat 104 penerbangan rute internasional yang dioperasikan maskapai LCC di Soekarno-Hatta, terdiri dari 51 keberangkatan dan 53 kedatangan. Rata-rata, terdapat empat penerbangan perjam.

Penerbangan maskapai LCC dari Soekarno-Hatta saat ini didominasi tujuan negara-negara di ASEAN, selain juga terdapat rute menuju Tiongkok. VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, 60 persen penumpang di Bandara Soekarno-Hatta adalah milenial yang merupakan target utama bagi maskapai di segmen LCC.

“Pasar sangat merespons positif untuk segmen LCC rute internasional, dan Angkasa Pura II mengoptimalkan pertumbuhan itu di mana salah satunya dengan menetapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus LCC mulai 1 Mei 2019,” kata Yado melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Minggu (22/9).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan penetapan tersebut, operasional penerbangan maskapai di segmen LCC dapat lebih optimal dan efisien. Saat ini tingkat ketepatan waktu atau on-time performance khusus keberangkatan maskapai LCC mencapai 82 persen.