Makan Jambu Biji Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

RADARMALANGID – Penderita hipertensi diwajibkan mengatur asupan makanan, termasuk buah-buahan. Ternyata, jambu biji sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

Hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan aliran darah ke dinding pembuluh darah arteri sangat kuat. Jika terus menerus terjadi, bisa berakibat lebih buruk, seperti serangan stroke dan pembuluh darah pecah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bila tekanan di atas 140/90 atau jika lebih buruk bisa di atas 180/90. Untuk menurunkan tekanan darah, umumnya dokter menganjurkan untuk mengubah pola hidup. menjalani pola makan sehat dengan banyak mengasup bahan makanan segar seperti buah dan sayur.

Jambu biji merupakan salah satu buah kaya khasiat yang direkomendasikan. Buah yang berasal dari Meksiko ini punya daging buah empuk berwarna putih, merah muda hingga merah dengan biji-biji kecil. Rasanya manis dan bisa dimakan bersama kulitnya.

Asupan potassium yang rendah dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Karena itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk mengasup cukup potassium.

Jambu biji kaya akan potassium. Setiap 100 gram jambu biji mengandung 417 mg potassium atau 9 persen dari asupan harian yang dianjurkan. Selain itu, jambu biji juga kaya akan antioksidan dalam bentuk carotenoids dan polifenol yang sanggup melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dilansir dari Express (14/1), penelitian yang dipublikasikan National Centre for Biotechnology Information (NCBI) melaporkan sebuah studi selama 12 minggu terhadap 120 peserta memberikan hasil positif. Mereka mengalami penurunan angka tekanan darah 8 hingga 9 poin. Ini terjadi setelah mereka mengonsumsi jambu biji masak sebelum makan.

Selain itu, ternyata mereka juga mengalami penurunan kadar kolesterol 9,9 persen. Penelitian lain pada konsumsi daun jambu biji juga mendukung hasil ini. Mereka yang mengonsumsi teh daun jambu biji usai makan mengalami penurunan tekanan darah.

Jambu biji juga kaya akan vitamin C, dua kali lebih banyak dari jeruk. Sementara kalorinya hanya 37 kalori, kandungan seratnya bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan harian. Karenanya, jambu biji memberi rasa kenyang lebih lama dan baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Jambu biji bisa dikonsumsi segar bersama kulitnya atau diolah menjadi jus, dan bisa dicampur dengan buah lainnya. Namun disarankan untuk tidak mengonsumsi jambu biji dengan tambahan gula agar khasiat sehatnya bisa didapatkan.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Healthline
Penyunting: FIa