Makan Es Krim Saat Haid Picu Kanker Serviks?

Makan Es Krim Saat Haid Picu Kanker Serviks? - JPNN.COM

jpnn.com – Salah satu makanan yang sering dituduh macam-macam adalah es krim. Ada yang bilang es krim bikin batuk-pilek sehingga tak baik untuk dikonsumsi anak-anak. Lalu, yang paling mengerikan adalah makan es krim saat haid dikatakan bisa memicu kanker serviks. Apa itu benar?

Banyak faktor yang bisa mencetuskan kanker, seperti faktor genetik, asupan makanan, aktivitas fisik yang kurang, merokok, konsumsi alkohol, dan paparan terhadap polusi serta radiasi.

Namun, faktor lingkungan dan gaya hiduplah yang paling berperan (sampai dengan 90–95 persen) untuk mencetuskan kanker. Sementara faktor genetik hanya berperan sekitar 5–10 persen pada terjadinya kanker.

Hubungan antara makanan dan kanker



Beberapa makanan memang diduga dapat menyebabkan kanker bila dikonsumsi berlebihan. Jenis makanan yang dispekulasi berperan terhadap munculnya kanker adalah susu, daging, dan produk hewani lainnya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal pada 2019 menyebutkan bahwa susu dan produk susu memiliki komponen nutrisi yang kaya.

Meski begitu, pada beberapa penelitian, susu dan produk susu dinilai dapat berbahaya untuk sistem reproduksi, kesuburan, dan kanker yang disebabkan ketidakseimbangan hormon. Konsumsi susu dianggap dapat meningkatkan risiko kanker dengan peningkatan sebuah zat yang disebut insulin-like growth factor.

Hubungan antara konsumsi susu dan produk susu telah diteliti pada beberapa kanker, yaitu:

Sumber : Klikdokter