Main Mendadak, Baru Latihan Sekali, Owi/Apri Lolos ke Babak Utama

JawaPos.com-Dalam situasi yang begitu mendesak dan kepepet, ganda campuran anyar Indonesia Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu bisa menjalani debut pada ajang Indonesia Masters 2020.

Pertandingan perdana berjalan dengan sangat mulus. Tontowi/Apriyani melaju ke babak utama Indonesia Masters 2020 via kemenangan atas ganda Thailand Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dengan skor 21-16, 21-17 di Istora, Senayan, Jakarta (14/1).

Laga selesai dalam waktu 35 menit.

Tontowi/Apriyani turun pada Indonesia Masters 2020 nyaris tanpa persiapan. Mereka awalnya berada di daftar tunggu. Namun, mendadak dinyatakan lolos ke babak kualifikasi. Sebab, ganda Singapura Danny Bawa Chrisnanta/Tan Wei Han memutuskan mundur.

Dua pasangan lain di daftar tunggu juga enggan berlaga. Yakni ganda Korea Selatan Kim Sa-rang/Kim Ha-na dan Dejan Ferdinansyah/Serena Kani asal Indonesia.

Sejatinya, ada rencana untuk menurunkan Tontowi/Apriyani pada Malaysia Masters 2020 pekan lalu. Namun, mereka tidak bisa masuk babak kualifikasi karena peringkat tak mencukupi.

Hal tersebut sejatinya juga terjadi di Indonesia Masters hari ini. Alhasil, Tontowi/Apriyani turun nyaris tanpa persiapan. Jelang laga ini, Owi dan Apriyani juga baru latihan sekali!

“Kami kan tampilnya juga last minute, jadi tadi masih menyesuaikan, agak masih canggung. Tapi kami belajar sedikit demi sedikit, komunikasi saya dan Apri juga bagus, sehingga lebih mudah adaptasinya,” kata Tontowi usai pertandingan dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

“Saya sudah tahu permainan Apri bagaimana, saya percaya dengan individunya dan dari cara mainnya. Jadi tadi tidak terlalu pusingin hari ini hasilnya bagaimana. Yang penting dijalani dulu,” imbuh peraih medali emas ganda campuran Olimpiade Rio 2016 bersama Liliyana Natsir tersebut.

Selepas dari Liliyana, Tontowi berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow. Sementara itu, Apriyani fokus berlaga di ganda putri bersama Greysia Polii.

“Saya juga masih menyesuaikan sama Mas Owi,”ucap Apriyani.

”Main ganda campuran beda dengan ganda putri. kalau di ganda putri kan biasanya main reli. Tapi tadi bagaimana caranya saya harus kasih bola yang enak untuk Mas Owi. Mas Owi bimbingnya juga enak, dia banyak memberi tahu saya. Semoga seterusnya bisa seperti ini,” tambah pemain 21 tahun itu.

Meskipun main rangkap, Apriyani mengatakan akan tetap fokus berlaga di kedua nomor. Saat ini di ganda putri bersama Greysia, Apriyani berada di peringkat delapan dunia. Peluang mereka untuk menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 tentu saja sangat besar.

“Saya fokus di dua-duanya, saya dikasih tanggung jawab sama PBSI dan harus jaga itu dan saya akan buktikan. Saya coba jalani,” kata Apriyani yang mengaku baru sekali latihan bersama Tontowi.

Pada babak utama besok (15/1), Tontowi/Apriyani akan menghadapi tantangan berat, yakni unggulan ketujuh asal Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Walau menghadapi lawan tangguh dan berpengalaman, Tontowi/Apriyani mengaku tetap optimistis dan akan tampil tanpa beban.