Mahasiswi UB Terpilih Mbakyu 2017

Penampilan Desak Putu Ayu saat penjurian di Kartika Graha tadi malam (1/10).

MALANG KOTA – Siapa yang terpilih sebagai Mbakyu Kota Malang 2017 akhirnya terjawab. Pada Grand Final Pemilihan Kakang-Mbakyu di Ballroom Kartika Graha Hotel tadi malam (1/10), Desak Putu Ayu Devi Oktaviani dinobatkan sebagai Mbakyu 2017.

Mahasiswi Ilmu Administrasi UB itu menggantikan posisi Mbakyu 2016 Riri Endiani Febria. Sedangkan nama Fabio Nanda Adinegoro, mahasiswa Unmer terpilih sebagai Kakang 2017 menggantikan Yosie Kristanto.

Dalam grand final tadi malam, ada 20 finalis yang menjalani seleksi ketat. Mereka tidak saja harus menunjukkan wajah cantik dan tampan di hadapan juri, tapi juga harus 3BAC (brain, beauty, behavior, attitude, dan confident). Setelah melalui beberapa tahap seleksi, dari 20 finalis mengerucut menjadi 12 orang tersisa untuk melaju ke delapan besar.

Sementara mengawali grand final tadi malam, para penonton disuguhi beragam lagu, fashion show, hingga tarian dari Kakang-Mbakyu Cilik. Selain itu, ada penampilan Neni Jhen dengan menyanyikan single terbarunya yang berjudul Jangan Susah. Tak hanya itu, suguhan tarian tradisional juga dihadirkan, seperti tari kipas yang dilakukan oleh 20 finalis.

Sementara itu, dalam grand final tadi malam, tema yang diangkat soal Warna Warni Jumanthara Kutho Ngalam. Karena itu, pertanyaan tim juri kepada finalis seputar kampung dan taman tematik sebagai potensi wisata yang dimiliki Kota Malang. Seperti pengetahuan tentang Taman Kunang-Kunang.

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Made Ayu mengungkapkan, penjurian Kakang Mbakyu Kota Malang ini merupakan akumulasi dari rangkaian kegiatan pemilihan dari sebelumnya dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada grand final ini. Dia berharap, tidak hanya brain, beauty, behavior, attitude, dan confident yang dimiliki duta pariwisata ini, tapi juga kepribadian yang baik dan anggun.

”Sebab, perkembangan pariwisata di Kota Malang berada di tangan mereka nanti,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, hadir di antaranya, Wawali Kota Malang Sutiaji, Kapolres ABKP Hoiruddin Hasibuan, Dandim Letkol Inf Nurul Yakin, Sekkota Kota Malang Wasto, forkopimda, serta perwakilan mantan Kakang Mbakyu. Hadir pula anggota Komisi X DPR RI Dapil Malang Raya Ridwan Hisyam.

Pewarta: Binti Nikmatur
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka