Mahasiswa Psikologi-Tarbiyah Jadi Mawapres UIN 2019

KOTA MALANG – Tuntas sudah penyelenggaraan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UIN Malang 2019. Ini setelah para pemenangnya diumumkan dalam Grand Final yang digelar Minggu (29/9).
Tegar Dhananjaya Widyoko dari Fakultas Psikologi dan Ihda Filzafatin Habibah dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan terpilih sebagai Juara 1 Mawapres UIN 2019. Selain itu, dalam grand final tersebut, terpilih juga juara 2, juara 3 mawapres, serta pemenang untuk kategori best favourite dan best talent.

Ketua Pelaksana Mawapres UIN 2019, Nurulita Sari Budi Utami mengatakan, penentuan mawapres memperhatikan sejumlah aspek. Di antaranya, kecakapan peserta dalam menjawab pertanyaan dari dewan juri, yaitu dosen fakultas Syariah UIN Malang, Drs. Djunaidi SH, MHum dan Kepala Bagian Mahasiswa dan Alumni UIN Malang, Abdul Aziz, MPd.

Mereka pun, lanjut Sari wajib menjawab pertanyaan dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Ini untuk merepresentasikan UIN Malang sebagai calon world class university.

“Secara bergantian, mereka ditanya seputar isu terkini. Seperti unjuk rasa mahasiswa, juga kebakaran hutan. Terus cara mereka men-deliver jawaban dan kecakapan mereka menjawab itu yang dinilai,” tuturnya.

Sesi tanya jawab pun, berjalan sengit. “Mereka make sense jawabannya. Seperti halnya dalam menjawab isu unjuk rasa. Menurut mereka lebih baik melakukan aksi secara konstitusional, yakni melalui MK jika tidak setuju,” imbuh mahasiswi asal Bandung itu.
Sepuluh pasang mahasiswa tampil bagus. Sehingga tim juri kesulitan untuk mencari mana yang terbaik.



“Meskipun baik semua, kami harus memilih siapa yang juara satu sebagai mawapres utama. Ini karena tugasnya nanti akan menjadi pemimpin dalam menjalankan visi dan misi mawapres 2019 ini,” ujarnya.

Berikut daftar nama Mawapres UIN 2019: 

Juara 1
Tegar Dhananjaya Widyoyoko
(Fakultas Psikologi)
Ihda Filzafatin Habibah
(Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan)

Juara II
M Silahuddin Al Maknuni
(Fakultas Syariah)

Marissa Nur Khoviva
(Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan)

Juara III
Moh Nailur Rohman
(Humaniora)
Nur Afifah
(Fakultas Syariah)

Juara favorit
Bunga Salma
(Fakultas Sains dan teknologi)
Muhammad Faizal Asqi Ardiansyah
(Fakultas Humaniora)

Best talent
Ika Nirwana
(Fakultas Humaniora)
Nur Ahmad Fauzi
(Fakultas Syariah)

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Editor: Indra M