Mahasiswa Perhotelan Unmer Malang Jalani Magang Di Hotel Bintang Lima Malaysia

MALANG KOTA – Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka (Unmer) Malang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan pengalaman magang di luar negeri. Seperti yang bakal dijalani mahasiswa-mahasiswa Program Studi (Prodi) Perhotelan ini.

Sebelum berangkat ke Malaysia, mereka lebih dulu mendapatkan pengarahan terkait On Job Training (OJT) dari kampus.

Mahasiswa yang mengikuti OJT ini adalah Putri Bakti Qur’ani, Alda Fiztigar Andini, Wiwit Hestiani, Ina Aulia Savina Fitri, Husnul Kotimah, Ni Luh Putri Yunanda Yuliantari, Arini Himatur Rosyidah dan Lhara Ribut Rahayu.

“Kami telah mendapatkan materi tentang perhotelan, seperti customer service, housekeeping dan pastry sejak semester tiga. Sekarang kami akan menerapkan ilmu yang kami dapatkan di hotel dengan standar pelayanan internasional,” tutur Ina.

Sementara itu, Putri bersyukur mendapatkan kesempatan magang di Malaysia. “Kami bersyukur mendapatkan kesempatan untuk OJT ke The Hotel Westin, Malaysia. Karena kami dapat mengetahui standar industri hotel internasional sekaligus melatih kemampuan dalam menghadapi tamu dari berbagai negara,”



Para mahasiswa itu telah menyelesaikan syarat administrasi termasuk paspor dan visa luar negeri. Rencananya mahasiswa akan memulai OJT pada 21 Agustus 2019. OJT akan berlangsung selama satu semester.

Ketua Diploma Kepariwisataan Unmer Malang, Dr Sunardi, SE, MM mengatakan bahwa, untuk menggelar program OJT ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan hotel di Malaysia. “Kami telah bekerjasama dengan The Westin Hotel, salah satu hotel bintang lima yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Ini adalah kali keempat kami memberangkatkan mahasiswa untuk OJT ke sana,” ujar dia.

Selain OJT ke Malaysia, Program Diploma Kepariwisataan juga aktif menjalin kerjasama dengan industri pariwisata di Jepang dan China. “Awal tahun 2020 kami mengirim mahasiswa ke Jepang untuk menjalani magang di Jepang dan China,” lanjut Sunardi.

Rektor Unmer Malang Prof Dr Anwar Sanusi SE MSi menaruh ekspektasi terhadap mahasiswa peserta program OJT. “Mahasiswa Diploma Kepariwisataan memiliki reputasi yang bagus di Malaysia. Kami berharap agar nilai-nilai positif dan kinerja mahasiswa dapat terus ditingkatkan agar mereka mampu membawa nama almamater ke tingkat internasional,” kata dia.

Naskah & Foto :Unmer Malang
Editor :Indra M