Mahasiswa KKN Ajak Siswa SD Ramai-Ramai Minum Susu

MALANG KOTA – Barangkali ini adalah ironi. Di sebuah daerah penghasil susu karena banyak peternak sapi perah, tetapi masyarakatnya tidak terbiasa minum susu. Itulah yang terjadi di sejumlah daerah di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Melihat fakta ini, maka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 02 gencar mengadakan sosialisasi One Day One Glass Milk (sehari satu gelas susu).

Sosialisasi pertama dilakukan di hadapan masyarakat Dusun Maron Sebaluh, Desa Pandesari, Pujon, Minggu (16/7), dengan menggandeng Komunitas Pencinta Lingkungan Dusun Maron Sebaluh dan Climate Change Frontier. Kemudian, kemarin giliran melakukan sosialisasi kepada para siswa SD di daerah tersebut.

Koordinator Desa KKN-PPM 02 Wawan Hariyanto dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap pentingnya meminum susu setiap dari. Sebab, meski daerah tersebut sebagai penghasil susu, masyarakatnya masih banyak yang tidak mau minum susu. Karena itu, kampanye minum susu kepada para siswa SD itu diharapkan bisa mengubah mindset tentang manfaat minum susu.

Untuk itu, para mahasiswa tersebut mengumpulkan siswa dari dua sekolah dasar sekaligus, yaitu SDN 01 dan SDN 02 Pandesari, Pujon, pukul 08.00 pagi. Sebanyak 316 siswa turut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan tersebut. Menurut dia, sebanyak 40 liter susu yang dibagikan pada kemarin (25/7) merupakan bantuan dari Koperasi Sinau Andandani Ekonomi (SAE) Pujon serta kelompok ternak Dusun Maron Sebaluh. Yang mana, susu tersebut kemudian diolah oleh mahasiswa KKN PPM 02 UMM.

Eni Ekawati, guru kelas 5 SD 01 Pandesari, berharap, setelah adanya sosialisasi ini anak-anak dapat membiasakan minum susu setiap hari. ”Harapannya, anak-anak bisa membiasakan minum susu setiap pagi. Anak-anak di rumah mayoritas orang tuanya punya sapi sehingga tidak usah membeli,” ujar dia.

Eni menyampaikan, banyak anak dan orang tua wali murid yang belum menyadari pentingnya minum susu bagi kesehatan. Padahal, susu merupakan sumber mata pencaharian mereka.

Sementara itu, KKN PPM yang dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei hingga 29 Juli ini telah melaksanakan serangkaian kegiatan lain dalam berbagai bidang. Seperti bedah kandang, pelatihan pembuatan pakan, tanam seribu pohon, dan berbagai kegiatan sosialisasi, salah satunya adalah One Day One Glass Milk.

”Kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan lagi agar para siswa dapat menyadari pentingnya minum susu bagi kesehatan,” kata Ninik Anwarini, selaku guru kelas 6 SD 02 Pandesari, usai kegiatan.

Penyunting : Kholid Amrullalh
Copy Editor : Indah Setyowati