Mahasiswa Kedokteran UIN Malang Bakal Praktik Profesi ke Saudi Arabia

KOTA MALANG – Tahun ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang bakal meluluskan angkatan pertama Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris, M.Ag mengatakan, dari lulusan itu, sejumlah mahasiwa yang mengambil keterampilan kedokteran haji. Tahun ini mereka bakal dikirim ke Saudi Arabia untuk menjalani ko asisten atau koas.

“Jadi kedokteran haji itu keterampilan yang mereka ambil khusus untuk penanganan jamaah haji. Belum tahu ya jumlahnya berapa,” kata Haris.

Koas sendiri adalah praktik profesi mahasiswa yang masih dalam tahap pendidikan dalam memenuhi kompetensi sebelum dinyatakan sebagai seorang dokter. Biasanya kegiatan ini dilakukan dalam waktu 1 tahun.

Dalam keterampilan dokter haji, seorang mahasiswa kedokteran mempelajari hal-hal dasar dari kesehatan manusia utamanya jelang haji, saat beribadah sampai kepulangan jamaah haji.

“Nanti mereka diarahkan untuk mengidentifikasi penyakit apa daja yang sering diderita jamaah haji disana. Bagaimana penanganannya. Juga sebelumnya mereka harus tau vaksin sebelum berangkat. Termasuk memastikan jamaah tak sakit saat pulang,” bebernya.

Haris mengatakan koas ini akan dilakukan mahasiswa kedokteran pada Bulan Juni 2020. Waktu itu dipilih karena belum memasuki musim haji. Sehingga saat musim haji nanti, mahasiswa sudah lebih banyak pengetahuannya.

“Di sana kami juga tugaskan dosen untuk mengawasi. Tepatnya sebagai petugas haji juga. Jadi saat praktik nanti dosen dibantu mereka (mahasiswa),” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Penyunting: Fia