Mahasiswa Baru ITN Malang Digiring ke Dodikjur untuk Digembleng Wawasan Kebangsaan

MALANG KOTA – Sebanyak 1.100 Mahasiswa Baru Institute Teknologi Nasional (ITN) Malang penuhi area lapangan Dodikjur Rindam V / Brawijaya Kota Malang, Minggu (16/9). Pasalnya mereka tengah melakukan Diklat Character Building Dan Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Baru Angkatan 2018/2019 ITN Malang “Unity in Diversity”.

Kolonel Inf. Bambang Sujarwo, Wakil Komandan Rindam V/ Brawijaya Kota Malang menyampaikan pelatihan tersebut dititik beratkan pada kedisiplinan. “Kita fokuskan pada kedisiplinan yang di dalamnya juga ada pembentukan karakter peserta, termasuk pembinaan fisik. Kita tanamkan juga bahwa fisik yang bagus, akan membawa mereka berkegiatan dengan mudah,” ujarnya.

Ia menambahkan, lewat kegiatan ini karakter kebangsaan generasi muda tersebut diasah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan nasionalisme.

“Mahasiswa sebagai komponen cadangan bangsa, secara tidak langsung disiapkan untuk bela negara. Kita masukkan materi – materi cinta tanah air, nasionalisme, dan wawasan kebangsaan. Sehingga dari adik – adik ini ketika suatu saat menjadi pemimpin bangasa, mereka telah mempunyai wawasan kebangsaan yang baik dan memiliki rasa nasionalisme,” imbuhnya.

Di sisi lain Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT, Rektor ITN Malang mengharapkan pendidikan character building dan Wawasan Kebangsaan bagi mahasiswanya mampu membentuk perilaku yang unggul.



“Mereka kedepan harus siap, tidak hanya akademis saja tapi soft skill ini harus ditanamkan pada jiwa mahasiswa ITN Malang. Saya yakin mahasiswa kami ITN Malang bisa menjadi mahasiswa yang unggul, memiliki keterampilan dan berwawasan kebangsaan yang bagus,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina