Luncurkan Super Sticker, YouTube Sasar Kreator Konten

RADARMALANGID – Layanan video streaming populer YouTube resmi meluncurkan fitur terbaru yang dapat menambah pundi-pundi kreator konten, yakni Super Sticker.

Melalui keterangan dalam blog resmi YouTube (7/11), Super Sticker ini diluncurkan di 60 negara yang telah tersedia fitur Super Chat. Fitur ini merupakan kunci penting YouTube untuk meraup pendapatan dari trafik live streaming mereka.

“Super Sticker diluncurkan di 60 negara. Nantinya, pengguna dapat membeli sticker kami untuk terus terhubung dengan kreator konten favorit mereka, selama siaran streaming berlangsung,” tulis Product Manager YouTube, Zhouzhou He pada Rabu (6/11) kemarin.

Namun, Super Chat belum tersedia di Indonesia. Untuk negara-negara di Asia Tenggara sendiri, fitur Super Chat telah disematkan di Filipina dan Singapura.

Pada perilisan awal, YouTube menawarkan delapan paket stiker. Empat di antaranya yaitu Energetic Lemon, Baby Lemon, Bushiba, dan Popo the Hippopotamus. Selain itu, kedelapan paket stiker itu telah diterjemahkan ke bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Korea dan Portugis.

“Kami berupaya untuk terus membangun koneksi antara penggemar dan kreator konten. Dalam beberapa bulan mendatang, kami sangat antusias untuk merilis lebih banyak paket stiker,” pungkas He.

Fitur Super Chat sendiri dianalogikan YouTube layaknya sebuah bangku di baris terdepan pertunjukan bagi para penggemar. Pengguna YouTube sebagai pelanggan kanal dipaksa merogoh koceknya agar komentar yang mereka tuliskan tidak langsung tenggelam dengan komentar pengguna lain.

Sementara ini, layanan live streaming mobile YouTube masih terbatas untuk pemilik kanal dengan subscribe 10 ribu lebih.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia