Lulusan SMK Langsung Jadi Pengusaha? Bisa!

KOTA BATU – Meski masih duduk di kelas XII, para siswa SMK Negeri 1 Kota Batu Jurusan Tata Boga ini sudah piawai memasak layaknya chef andal. Mereka terampil mengolah berbagai bahan hingga cara menyajikan hasil masakannya. Skill tersebut ditunjukkan di ajang Pengelolaan Usaha Jasa Boga (PUJB) yang digelar di sekolah yang terletak di Jalan Bromo, Kota Batu, kemarin (17/9).

Kepala SMKN 1 Kota Batu Joko Santoso menyatakan, praktik mata pelajaran PUJB digelar untuk menyiapkan para siswa memiliki kemampuan menangani event besar. Selain menyiapkan menu makanan, mereka juga praktik terkait manajemen pengelolaannya. ”Jadi, tujuannya sejak anak lulus SMK sudah bisa menangani event sendiri,” kata dia.

Dalam materi ini, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok, produk dan servis. Untuk produk, Joko melanjutkan, anak-anak memasak bahan dari nol dan dijadikan berbagai masakan. Sedangkan untuk servis, mereka ini diminta untuk menyajikan berbagai menu makanan agar tampil menarik. ”Diharapkan, mereka bisa membuat usaha sendiri nantinya,” ungkapnya. Karena dengan modal keterampilan yang dimiliki, mereka bisa langsung merintis bisnis sebagai pengusaha.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang hadir dalam acara tersebut yakin para lulusan SMK memiliki masa depan gemilang. ”Para lulusan SMK telah mempunyai skill dan keterampilan untuk menjadi pengusaha,” kata dia. Dua hal itulah yang sekarang ini dibutuhkan.

Dewanti menambahkan, di Kota Batu banyak pengusaha catering yang sudah memiliki nama besar. ”Nah, anak-anak ini kami harapkan juga bisa menjadi pengusaha nantinya,” ungkap istri Eddy Rumpoko itu.

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Rubianto