Lucu, Bocah Ini Kabur Tiga Kali sebelum Disunat

Salah satu peserta menangis saat disunat di Masjid Al Ma’shum, Jalan Selat Karimata, Lesanpuro, kemarin (23/12).

MALANG KOTA – Ada yang menarik perhatian pengunjung di acara sunatan masal di halaman Masjid Al Ma’shum, Jalan Selat Karimata, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, kemarin (23/12). Yahya, 10, salah satu peserta sunat masal itu sempat menolak. Bahkan, dia tiga kali kabur saat giliran disunat.

Karena sempat kucing-kucingan dengan tim dokter, Yahya yang seharusnya mendapat giliran di awal, terpaksa disunat paling akhir setelah semua peserta selesai. ”Sunatan masal itu digelar takmir Masjid Al Ma’shum,” ujar Ketua Pelaksana Sunat Masal Ahmad Didik Subagyo di sela-sela sunatan masal kemarin.

Didik yang juga takmir Masjid Al Ma’shum itu memaparkan, peserta sunat masal berjumlah 30 anak. Mereka berasal dari keluarga tidak mampu dengan rentang usia 7–11 tahun. Rata-rata peserta sunatan masal berasal dari Kelurahan Sawojajar (Kota Malang) dan Kecamatan Pakis (Kabupaten Malang).

Sunat masal ini digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. ”Ini (sunat masal) kami selenggarakan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. Masjid itu tidak hanya sebagai tempat ibadah ritual (salat), tapi juga untuk ibadah sosial,” katanya.


Selain itu, Didik juga menyesuaikan dengan kondisi peserta. Sunatan masal sengaja diselenggarakan bersamaan musim libur sekolah agar semua anak bisa ikut.

”Selama ini banyak orang tua yang ingin menyunatkan anaknya, tapi terbentur biaya. Karena itu, kami bekerja sama dengan RS Mardi Waluyo dan Citra Kendedes Bakery untuk mengadakan kegiatan ini,” tambahnya.

Pewarta: NR4
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: NR4