Lontong Medan Jadi Sajian Wajib Saat Lebaran

Kapolres Malang

RADAR MALANG ONLINE – Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung memiliki makanan favorit setiap Lebaran. Adalah lontong Medan. Makanan berkuah santan dengan rasa gurih itu selalu hadir setiap Hari Raya Idul Fitri.

Sepintas, lontong Medan tidak ada ubahnya dengan lontong sayur pada umumnya. Namun diberi beberapa bahan tambahan. Misalnya, bihun dan bumbunya lebih kental dengan rasa yang pekat.

Lontong Medan hadir di meja keluarga Ujung dan disantap usai salat Ied. Bahkan, menjadi santapan favorit Ujung beserta istri, Sartika Ujung dan anaknya.

“Ya karena istri saya selalu masak itu ketika Lebaran dan menjadi menu favorit dan wajib,” kata Ujung dengan tersenyum saat berbincang dengan RADAR MALANG ONLINE.



Setiap Lebaran, Ujung juga selalu menggelar open house. Tradisi ini dimanfaatkan anggota Polres Malang dan dirinya serta masyarakat luas untuk bersilaturrahim.

Saat open house, suasana gayeng tercipta. Tidak ada sekat antara pimpinan dan anggota. “Saya sudah dua tahun di sini (sebagai Kapolres Malang). Tiap tahun open house, anggota datang dan silahturrahim,” katanya.

Namun ada yang berbeda dengan Lebaran tahun ini. Ujung tengah dalam suasana duka. Ibu kandungnya, Kamsina Sinaga menghadap Sang Khalik, Sabtu (9/6) malam.

Padahal sebelumnya, Kamsina tampak sehat-sehat saja. Masih tampak beraktifitas dan berinteraksi dengan keluarganya. Bahkan, Kamsina masih menjalankan ibadah puasa, salat Maghrib hingga tarawih. Tapi suratan takdir berkata lain. Tanpa sakit, Kamsina menghadap penciptanya.

Saat ini, Ujung, istri dan anak-anaknya berada di Medan. Di rumah dinasnya yang selalu open house ketika Lebaran, tampak karangan bunga ucapan belasungkawa.

(tik/JPC)