Lonely Planet Tetapkan NTT Jadi Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di 2020

RADARMALANGID – Dunia pariwisata Indonesia kembali meraih penghargaan internasional. Kali ini, giliran provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka berhasil mendapatkan penghargaan dalam Best in Travel 2020 Competition yang digelar Lonely Planet.

Lonely Planet adalah sebuah perusahaan asal Australia yang sudah dikenal luas dan fokus menerbitkan panduan perjalanan dan traveling.

Dalam rangka menyambut tahun baru 2020, Lonely Planet menggelar ajang Best in Travel 2020 Competition. Salah satu kategori dalam kompetisi tersebut adalah Best Value Places to Visit yang dimenangkan NTT.

Dilansir dari laman resminya (14/12), Best Value Places to Visit pada daftar destinasi yang menawarkan pengalaman dan petualangan terbaik serta berkelanjutan untuk 2020. Para pemenang di kompetisi ini merupakan hasil pilihan pembaca Lonely Planet yang sudah berusia 18 tahun ke atas mulai 22 Oktober sampai 11 Desember 2019.

Hasilnya sudah diumumkan pada Kamis, 12 Desember lalu. Tak kalah dengan Bali, Lombok dan Kepulauan Gili, NTT dipilih karena mampu menawarkan suasana yang masih tenang dan pantai yang masih bersih dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Selain itu, NTT juga merupakan salah satu yang memiliki spot menyelam terbaik di Indonesia, tepatnya di Pulau Alor. Lonely Planet sendiri merekomendasikan beberapa tempat yang patut dikunjungi saat traveling ke NTT, di antaranya Pulau Sumba, Pulau Rote, Pulau Rinca dan tentunya Pulau Komodo.

Sementara itu, destinasi lainnya yang berhasil masuk peringkat 10 besar bersama NTT di Best Value Places to Visit adalah Budapest (Hungaria), Madhya Pradesh (India), Buffalo (New York), Azerbaijan, Serbia, Tunisia, Cape Winelands (Afrika Selatan), Athena (Yunani), dan Zanzibar (Tanzania).

Penghargaan lainnya adalah kategori Top Countries yang dimenangkan Bhutan, kemudian ada Top Cities yang diraih Salzburg (Austria) dan Top Region yang diraih Jalur Sutera Asia Tengah.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa