MALANG KOTA – Ratusan mahasiswa penerima bidikmisi dari 93 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Jawa Timur mendapat pembinaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah VII Jatim, di Aula Institute Teknologi Nasional (ITN) Malang, Rabu (10/10).

Sekretaris LL DIKTI Wilayah VII Jatim, Dr Widyo Winarso MPd menyampaikan motivasi mengenai ‘Mahasiswa Indonesia, Berkarakter Tinggi’ ini sebagai kegiatan pelengkap bagi mahasiswa dan bentuk kontrol dari program bidikmisi.

“Jadi ini kegiatan pelengkap untuk mendorong adik – adik mahasiswa Bidikmisi itu agar bisa mencapai prestasi maksimalnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, tantangan terberat bagi lulusan perguruan tinggi kedepan ada di era persaingan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Ini sebuah peluang bagi mahasiswa Indonesia. Kalau mereka berkompeten, walaupun kompetitornya se Asean pasti bisa untuk mebembus pasar Asean itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Wid (sapaan akrabnya) mengungkapkan, pendampingan perguruan tinggi juga diperlukan untuk bisa memicu mahasiswa bidikmisi tersebut lulus tepat waktu.

“Perguruan tinggi harus melakukan pendampingan dan monitoring sejak awal semester. Ini bisa menjadikan treatment mereka agar bisa terpantau untuk lulus tepat waktu,” ungkapnya.

Di sisi lain, Rektor ITN Malang, Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT, mengharapkan pembinaan tersebut bisa menjadi bekal mahasiswa – mahasisw bidikmisi kedepannya.

“Semoga dapat diamalkan dan bermanfaat sehingga bisa disampaikan pada generasi berikutnya. Ini merupakan bekal bagi adik – adik mahasiswa semua,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Humas ITN