Liverpool Memang Kejam

Liverpool Memang Kejam - JPNN.com

Roberto Firmino (kanan) menentukan kemenangan Liverpool di Tottenham Hotspur Stadium. Foto: premierleague

jpnn.com, LONDON – Gol dari Roberto Firmino mengantar Liverpool menang atas Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1) dini hari WIB.

Pemain asal Brasil itu mencertak gol pada menit ke-37, menjadi satu-satunya yang tercipta dalam laga cepat dan sengit tersebut.

Tuan rumah bukan miskin peluang, meski Liverpool menguasai possession (67,2% vs 32,8% statistik premierleague). Son Heung Min, Dele Ali, Lucas Moura hingga Giovani Lo Celso bergantian mengancam gawang tamu yang dijaga Alisson Becker.

Namun, Liverpool juga berkali-kali punya kesempatan emas mencetak gol dari 13 kali percobaan, kebanyakan di babak pertama. 

Gol Firmino tercipta dari umpan Mohamed Salah yang dengan tenang menyambut bola sundulan Jordan Henderson. Gol itu sempat ditinjau VAR untuk memastikan Henderson tak melakukan handball, tetapi masih akan menyisakan kontroversi yang bakal memantik komentar Mourinho selepas pertandingan.

Sebab, lemparan ke dalam yang diperoleh Liverpool berasal dari insiden perebutan bola antara Sadio Mane dan Serge Aurier. Tayangan ulang sempat memperlihatkan bola terakhir kali mengenai kaki Mane sebelum meninggalkan lapangan.

Salah hampir menggandakan keunggulan Liverpool kala Alli kehilangan bola di area sendiri, tetapi tembakan penyelesaian legiun Mesir itu masih menyamping dari sasaran dan kedudukan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tottenham berusaha tampil lebih hidup pada babak kedua, tetapi satu-satunya peluang berbahaya yang diperoleh Aurier masih mengarah tepat ke pelukan kiper Alisson Becker.