Lion Air Akhirnya Patuhi Penyediaan Tiket Murah Pesawat LCC Domestik

JawaPos.com – Maskapai Lion Air akhirnya mentaati kebijakan penyediaan diskon tarif tiket pesawat berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) rute domestik sampai dengan 50 persen untuk waktu tertentu. Kendala teknis membuat penerapan kebijakan itu molor dari jadwal yang seharusnya sejak Kamis (11/7) lalu.

Berdasarkan penelusuran JawaPos.com melalui Online Travel Agent (OTA), Lion Air memang telah memberlakukan diskon tiket pesawat. Jumlah diskon yang diterapkan masakapai itu bervariasi dari 20 persen sampai dengan penerapan maksimal yaitu 50 persen.

Misalnya saja pada Selasa (30/7), Lion Air telah menurunkan tarif tiket pesawat pada penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta (CGK) menuju ke Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya (SUB) pada waktu keberangkatan pukul 11.20-12.50 WIB. Tarif tiket yang dipatok menjadi Rp 615 ribu dari harga normal sebesar Rp 840 ribu.

Penurunan tarif tiket juga diterapkan untuk penerbangan daerah menuju ke Jakarta. Penerbangan Lion Air dari Bandar Udara Internasional Hassanudin, Makassar (UPG) menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta (CGK) hanya di banderol Rp 925 ribu dari harga normal sebesar Rp 1,3 juta. Jadwal keberangkatannya dimulai pukul 13.25-14.45 WITA.



Usai rapat membahas penurunan tarif tiket pesawat di Kemenko Perekonomian pada Senin (22/7), pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana mengakui baru bisa mengakui baru bisa mentaati kebijakan tarif tiket khusus tersebut pada Rabu (24/7) kemarin. Alasan dia, ada kendala sistem reservasi.

“Memang kita mintanya Rabu ini kan. Kan sistemnya harus perlu disesuaikan,” katanya.

Adapun rute penerbangan tersebut hanya 2 dari 146 rute yang akan disediakan oleh Lion Air. Dari rute tersebut, total kursi yang akan disediakan maskapai berlogo Singa sebanyak 30 persen atau sebanyak 8.282 kursi per harinya.

Sebelum Lion Air, maskapai Citilink telah terlebih dahulu menurunkan tarif tiket pesawatnya itu. Mereka menyediakan sekitar 62 flight dengan total kursi sekitar 3.348 penumpang per hari pada masa periode kebijakan tiket murah.

Informasi saja, tarif tiket diskon sampai dengan 50 persen tersebut hanya berlaku setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.00 sampai 14.00 berdasarkan waktu bandara setempat. Kebijakan ini digagas pemerintah untuk menjawab keluhan masyarakat soal mahalnya tarif tiket pesawat.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Igman Ibrahim