Lima Warga Kayong Utara Meninggal Gara-gara HIV/AIDS

JawaPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara terus berupaya menekan jumlah penderita HIV/AIDS. Sebab tercatat sudah ada korban meninggal akibat virus mematikan tersebut.

Data menunjukkan, sejak 2015 hingga sekarang sudah ada 18 orang mengidap HIV/AIDS. “Bahkan, lima orang di antaranya sudah meninggal,” kata Kabid Pencegahan Penaggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Kayong Utara, Kasianus, dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Minggu (29/9).

Ia menjelaskan, pihaknya terus berupaya menekan jumlah penderita. Satu di antaranya dengan melakukan sosialisai ke beberbagai daerah.

Di Kayong Utara sendiri, katanya, ada beberapa kasus penderita HIV/AIDS. Satu di antaranya ada di Kecamatan Simpang Hilir, pengidapnya meninggal dunia. Warga yang tertular juga tak tahu melalui media apa ia sampai bisa terkena virus mematikan itu.

Namun, Dinas Kesehatan baru memberikan pelayanan di Ketapang. Sebab, Kayong Utara belum mempunyai klinik khusus untuk penanganan HIV/AIDS. Meski begitu, pihaknya tetap memberikan edukasi ke masyarakat mengenai bahayanya HIV/AIDS.