Lima Titik Api Terpantau di Riau

JawaPos.com- Sebanyak 5 titik api terpantau di wilayah Riau, Kamis (3/1). Titik api itu mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Sukisno mengatakan, ada 9 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera. 5 diantara titik panas tersebut sudah terdeteksi sebagai titik api. (selengkapnya lihat grafis di bawah). “Seluruh titik api ada di Provinsi Riau,” terang Sukisno, Kamis (3/1).

Sebelumnya, awal tahun ini, tercatat sudah ada 15 hektare lahan gambut di wilayah Rokan Hilir (Ronhil) terbakar. Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau masih terus berupaya melakukan pendinginan di lahan itu.

“Benar, ada kebakaran disana sekitar 15 hektare. Tim gabungan terus berjibaku melakukan pemadaman,” kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Edwar mendesak pihak aparat penegak hukum agar segera menyelidiki siapa aktor utama pelaku pembakaran ini. “Harus segera investigasi, siapa pelakunya. Lahannya punya siapa sebelum banyak kebakaran. Jangan sampai nanti meluas ke lahan yang lain,” imbuhnya.

Dengan adanya kebakaran ini, BPBD akan mempertimbangkan untuk menetapkan status siaga Karhutla. Nantinya, BPBD Riau akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan BMKG dan lainnya terkait perlu atau tidaknya penetapan status siaga tersebut.

Edwar juga mengimbau kepada masyarakat maupun pihak perusahaan yang memiliki lahan agar tak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, itu akan berdampak pada khalayak banyak. “Mari kita jaga agar Riau bisa bebas asap pada tahun ini, seperti tiga tahun sebelumnya,” imbaunya.

Berikut data titik panas di Sumatera:*

– Sumatera Selatan: 2 titik

– Lampung 1 titik

– Riau: 6 titik

Titik Api di Provinsi Riau:

– Kabupaten Pelalawan: 1 titik

– Kabupaten Dumai: 1 titik

– Kabupaten Rokan Hilir: 3 titik

*Sumber: BMKG Pekanbaru

(ica/JPC)