Lima Tips Jadi Arsitektur Sukses

JawaPos.com – Dunia desain interior dan arsitektur yang begitu luas membuat siapa saja yang menyenanginya bisa bebas berkreasi. Tak hanya mendesain rumah, berbagai bangunan seperti museum atau perkantoran juga jadi hal yang menarik untuk dirancang bagi mereka yang masih muda.

Seperti yang dilakukan oleh Silvia Ervina (Universitas Pelita Harapan) dan Daniel (Universitas Kristen Petra), pemenang Kompetisi Arsitektur dan Desain Interior Antar-Negara, Asia Young Designer Awards (AYDA). Kegiatan yang digagas Nippon Paint Indonesia ini bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa arsitektur dan desain interior untuk berkreasi secara inovatif dan memotivasi mereka pada tingkat profesionalisme yang lebih tinggi.

AYDA 2019 di Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak, dengan dukungan dari Kemenristekdikti Republik Indonesia di tahun ini, serta Universitas dan para Praktisi Arsitektur dan Desainer Interior. Pada skala internasional, AYDA bekerjasama dengan Harvard Graduate School of Design.

“Dengan adanya dukungan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kami yakin kompetisi ini akan berkembang dan bersinergi dengan lebih baik. Ditambah dukungan yang telah diberikan oleh para praktisi, industri dan berbagai universitas ternama di Indonesia, tentunya meningkatkan kualitas kompetisi ini dan mendukung talenta-telenta baru menjadi pemimpin di masa depan industri arsitektur dan desain interior,” kata CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan dalam konferensi pers di Jakarta.

Kompetisi AYDA tahun ini menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis yang merefleksikan masa depan yang berkelanjutan. AYDA tahun ini juga kembali memberikan beasiswa Summer School Program di Harvard Graduate School of Design kepada juara pertama di tingkat Asia. Jon Tan menambahkan, pihaknya mendorong kemampuan bersaing desainer muda Indonesia di tingkat global.

Dilansir dari laman Impressive Interior Design, ada beberapa langkah untuk bisa menjadi desainer interior yang sukses. Berani bereksperimen dengan warna dan bentuk bisa menjadi kiat bermanfaat menjadi desainer interior yang sukses. Berikut lima tipsnya:

1. Komunikatif dan Profesional
Komunikasi adalah faktor penting dalam setiap pekerjaan. Anda perlu bertindak sebagai komunikator yang berpengalaman, tidak hanya agar terlihat profesional, tetapi juga bisa mengerti sesuai dengan keinginan atau kebutuhan klien.

2. Kreatif
Kreativitas adalah inti dari karir desain yang sukses. Menjadi kreatif dalam desain interior tidak mudah. Tugas Anda tidak akan sesederhana memilih warna dan bentuk yang cocok, tetapi diharapkan memiliki visi sendiri tentang ruang klien, dan beberapa solusi.

3. Paham Kemauan Klien
Bisa membaca kemauan klien lewat bahasa tubuhnya akan membuat klien lebih bahagia karena semua impiannya bisa terpenuhi.

4. Investasikan dalam Pendidikan
Pendidikan berkualitas adalah kunci menuju karier desain interior yang sukses. Selain gelar Sarjana Seni, tingkatkan kemampuan dengan kursus atau magang di perusahaan yang sukses.

5. Ikuti Tren
Seorang desainer hebat seharusnya tidak pernah kehilangan fokus dari karyanya. Ikuti segala macam tren dan perkembangan teknologi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani