Lima SD Jadi Pilot Project Penghapusan Calistung

KOTA MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji kian serius dengan program peningkatan kualitas pendidikan karakter tingkat SD. Sebanyak lima sekolah bakal dipilih menjadi pilot project program peniadaan baca, tulis, dan hitung (calistung) di kelas I-II SD. Lima sekolah tersebut dipilih merata di lima kecamatan, yaitu Blimbing, Kedungkandang, Lowokwaru, Klojen, dan Sukun.

”Kami ingin tiap kecamatan ada satu sekolah yang menerapkan nanti,” ujar Wali Kota Sutiaji.
Dia menambahkan, program tersebut bakal dimulai di tahun ajaran baru mendatang.

”Kami sudah minta dinas terkait untuk menyiapkan dan bekerja sama dengan tim ahli,” terangnya. Mulai dari kurikulum hingga memetakan sekolah mana saja yang ditetapkan sebagai pilot project. Tim ahli yang dimaksud berasal dari kalangan akademisi. Sehingga, kurikulum yang dihasilkan bisa sesuai dengan kebutuhan. ”Banyak tim ahli dari kampus di Kota Malang sini,” terangnya.

Lebih lanjut, Sutiaji menambahkan, SD yang nantinya ditunjuk sebagai sekolah percontohan juga disiapkan sarana dan prasarananya. Termasuk di dalamnya kelengkapan Closed Circuit Television (CCTV). ”Nggak harus semua kelas, misalnya kelas satu ada lima kelas, ambil satu saja,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pemkot Malang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan karakter. Salah satunya dengan meniadakan calistung untuk murid kelas I-II SD. Sehingga para siswa lebih fokus digembleng pendidikan karakter.

Sementara itu, Kadisdik Kota Malang Zubaidah menyatakan kesiapannya mematangkan rencana tersebut. ”Kami akan segara ajak diskusi kalangan akademisi dan juga Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM),” ungkapnya.

Lalu, sekolah mana yang akan dipilih? Zubaidah menyatakan, pihaknya masih perlu menimbang banyak aspek sebelum memilih SD yang menjadi pilot project. Mantan Kadinsos Kota Malang itu memastikan, dalam waktu dekat sudah ada daftar sekolah yang bisa menjadi percontohan program anyar itu. ”Kami akan petakan dulu, tentu nggak bisa asal tunjuk sekolah,” terang mantan kepala Perpustakaan Kota Malang ini.

Pewarta : Imam Nasrodin
Copy editor : Amalia Safitri
Penyunting : Shuvia Rahma