Liburan, Perbaiki Bacaan Alquran

MALANG KOTA –  Meski sedang musim liburan, ada ratusan mahasiswa yang memilih bertahan di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Mereka antusias mengikuti pesantren kilat Syauqy XII (Asy Syahrul Qur’any): Ikhlas Ngaji dan Upgrade Diri. Kegiatan tahunan yang digelar Hai’ah Tahfid Al-Quran (HTQ) ini berlangsung sebulan penuh, mulai 16 Desember 2019 hingga 16 Januari 2020.

Ketua pelaksana Syauqy XII Alfian Hidayat menjelaskan, tujuan kegiatan ini tak lain untuk membangkitkan semangat keislaman pada mahasiswa. ”Jadi, kami mengadakan kegiatan ini untuk mengkaji dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam keseharian,” jelas Alfian.

Dia menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 214 peserta yang terdiri dari 191 mahasiswa UIN dan 23 mahasiswa dari luar UIN. ”Ada juga peserta yang dari luar Malang. Ada yang dari IAIN Kediri, IAIN Tulungagung, UIN Jakarta, sama IAIN Jember,” terangnya.

Alfian menjelaskan, selama sebulan penuh peserta akan melakukan kegiatan keagamaan layaknya hafalan Alquran dan kajian tafsir. Setiap harinya peserta diwajibkan menyetorkan hafalan Alquran. Tak hanya itu, dalam seminggu ada dua kali kajian tafsir. ”Peserta juga mendapat program fashohah, yakni semacam pembenahan bacaan Alquran,” ungkapnya.

Pewarta : Mva
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani