Liburan, Mahasiswa ASIA Nyicil Tugas di CFD

KOTA MALANG – Mahasiswa semester 1 Kampus Institut Teknologi Asia mempunyai cara tak biasa dalam mengerjakan tugas Ujian Akhir Semester (UAS).

Mereka musti mengerjakan tugas UAS tersebut dengan menggelar sebuah acara, yakni sebuah perlombaan teknologi dan bisnis bertajuk My Gif (Milenial Young Generation Industry Four) 6.2 yang digelar pada 18-19 Desember mendatang.

Tugas UAS tersebut musti mereka kerjakan untuk dua mata kuliah bussiness practice dan technology in practice.

Koordinator mata kuliah bussiness practice dan technology in practice, Sunu Jatmiko, tujuan dari pembuatan acara ini sebagai tugas UAS ialah untuk mempraktekan langsung bagaimana cara berbisnis dengan menggelar event.

“Jadi semuanya ini mereka kerjakan sendiri mulai dari sponsor cara memanage acaranya tatanan acaranya dan segalanya. Tentunya kalau mereka berkonsultasi ya akan saya bantu. Semua itu mereka kerjakan supaya punya skill secara langsung dan gak cuma berlandaskan teori saja. Kan mata kuliahnya in practice (praktek),” imbuhnya.

Proses pengerjaannya sendiri, kata Sunu, sudah dimulai sejak awal semester tahun lalu. “Mereka mempersiapkan sejak dulu pas masuk mata kuliah ini sampai sekarang. Jadi sudah matang lah dari konsep,” tuturnya.

Adapun isi acara kompetisi tersebut. mahasiswa semester satu ITN itu menggelar berbagai lomba untuk mahasiswa SMK/SMA dan Umum. Mulai dari Bazaar, Bussiness Game, Lomba Game Online, Web Design, Networking, Digital Bussiness, Dane Cover K-Pop, Design Poster, Pop Singer, Mr.& Mrs. Youth dan Lomba Vlog.

“Kesemuanya itu mayoritas khsusu dilombakan untuk siswa SMA/SMK di kota Malang. Tapi beberapa ada yang umum, yakni lomba game online mobile legend, dance cover k-Pop, Bazaar, dan Vlog itu bisa diikuti mahsiswa juga,” tuturnya.

Kesemua lomba tersebut bakal dilaksanakan awal Januari mendatang, yakni mulai dari 11 Januari sampai 19 Januari 2020 yang bertempat di Mall Dinoyo City

Nah untuk itu, para mahasiswa tersebut didampingi Sunu melakukan perekrutan peserta di Car Free Day jalan Ijen. Mereka menggelar lapak untuk menggaet para milenial agar berlomba dalam acara tersebut.

“Kami buka pendaftaran di sini agar nanti bisa ramai peserta sekaligus mempromosikan acara kami di Januari mendatang. Kan di CFD ini tempat berkumpulnya muda-mudi,” tuturnya di samping panggung Senam Zumba CFD Jalan Ijen.

Untuk diketahui, dalam puncak acara 18-19 Januari mendatang, My Gif 6.2 bakal menghadirkan lima bintang tamu. Salah satunya ialah mantan jebolan Indonesia Idol Ghea Indrawari.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimanatara Leander
Penyunting: Fia