Liburan Ke Batu ? Wisata Petik Strawberry Bisa Jadi Pilihan Loh

Area wisata petik strawberry di Batu

KOTA BATU – Sambut libur akhir tahun, beragam inovasi dari Desa Wisata di Kota Batu terus digalakkan. Salah satunya yakni ‘Wisata Petik Strawberry’ di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko petik strawberry

Meski baru diresmikan, berbagai pernak pernik strawberry menyambut pengunjung yang datang hari ini (Rabu, 26/12). Mulai dari penampilan adik – adik memakai kostum buah srawberry, topi capil strawberry, ikon khusus di area lahan seluas 15 hektar berbentuk strawberry raksasa, dan yang lainnya ini

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan dengan dimulainya menanam strawberry ini sebagai langkah awal membentuk kampung wisata strawberry. Hal itu juga dengan harapan selaras dengan mewujudkan visi misi Kota Batu sebagai ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

“Mudah – mudahan dengan sata mewiwiti nandur strawberry ini Kampung strawberry menjadi kampung yang betul – betul sebagai destinasi Desa Wisata yang baru,” ujarnya.

Disisi lain, Direktur Bumdes Raharjo Desa Pandanrejo, Muklas Rofiq mengatakan dalam pengolahan strawberry tersebut melibatkan setidaknya 50 hingga 60 petani dari Desa Pandanrejo.



“Ini akan menjadi salah satu wisata yang potensial bagi masyarakat di sini. Sehingga kami harapkan perekonomian mereka terbantu, untuk menjual keluarpun tidak akan sulit,” katanya.

Sebagai salah satu destinasi Desa Wisata yang baru, tentunya mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu. Plt Kepala Disparta, Imam Suryono mengungkapkan setiap desa yang mengembangkan menjadi destinasi desa wisata akan menjadi berdaya.

“Pengembangan desa itu akan otomatis menjadikan masyarakat di sekitarnya menjadi berdaya. Paling tidak dengan adanya wisata tersebut akan banyak juga kuliner, dan hal – hal inovatif lainnya,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Arifina