Liburan, Gunungkidul Dibanjiri Wisatawan

JawaPos.com – Sebanyak 58.282 wisatawan tercatat berkunjung ke kawasan wisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sejak libur Pemilu hingga Paskah beberapa hari lalu. Angka ini melebihi target yang dipatok oleh dinas pariwisata, yakni 24.000 orang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, pendapatan yang didapatkan dari jumlah wisatawan yakni sebanyak Rp 439.694.800. “Ini melebihi target awal,” katanya, Senin (22/4).

Menurutnya, mayoritas wisatawan yang datang ke wilayah pantai. Jumlah kunjungan yang cukup banyak ini pun diharapkannya bisa kembali memulihkan sektor wisata pantai. Sebab beberapa waktu lalu untuk wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul sedikit terpukul. Terutama saat momen cuaca buruk, isu bencana tsunami dan lainnya. “Sektor wisata kami harapkan bisa kembali pulih,” ucapnya.

Ia juga berharap menggeliatnya sektor wisata ini bisa memenuhi target pendapatan pada 2019. Yakni sebesar Rp 28 miliar atau setara dengan kunjungan 3,7 juta orang ke wisata yang ditarik retribusi. “Saat ini sudah sekitar Rp 5 miliar atau 17 persen dari target,” katanya.



Dalam upaya untuk mencapai target itu, pihaknya juga mengenalkan beberapa wisata non-pantai. Seperti Embung Batara Sriten di Kecamatan Nglipar, dan berbagai wisata alam lainnya.