Libur Nataru, Penumpang Padati Pelabuhan Sungai Duku

JawaPos.com – Sebanyak 970 penumpang memadati Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau, Selasa (25/12). Ratusan penumpang ini, akan berangkat menuju ke Selat Panjang dan ada juga yang kembali ke Pekanbaru.

Kepala UPT Pelabuhan, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Hoirul Efendi mengatakan, memang terjadi peningkatan penumpang saat liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Hanya saja, jumlahnya tidak terlalu signifikan.

“Kalau hari biasanya kan cuma tujuh puluh sampai delapan puluh persen terisi seatnya. Kalau sekarang penuh seratus persen. Tapi tidak ada penambahan armada,” kata Hoirul, Selasa (25/12) petang.

KM Jelatik mengangkut ratusan penumpang di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau, dengan tujuan Selat Panjang, Selasa (25/12) sore. (Virda Elisya/JawaPos.com)


970 penumpang itu, tercatat hingga pukul 16.00 WIB. Terdiri dari 767 penumpang yang berangkat dan 203 penumpang yang datang. Mereka diangkut oleh 5 armada kapal, yakni kapal Porti Express; Meranti Jaya Express; Nagaline; Siak Wisata dan Jelatik.

“Pagi tiga speed, siang tiga speed dan ada satu penambahan dari Siak. Kalau sekali dua hari ada Jelatik. Pelabuhan tujuan itu ada di Perawang, Siak dan langsung ke Selat Panjang,” jelasnya.

Meski mengalami peningkatan, namun tidak ada kenaikan pada harga tiket. Selain itu, puncak arus mudik sendiri terjadi pada Sabtu (22/12) lalu. Di mana ada 1174 orang yang diangkut dengan 12 kapal. “Puncaknya pada hari Sabtu. Harga tiket tetap,” sebutnya.

Sementara itu, untuk perkiraan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Selasa, 1 Januari 2019. “Karena kan habis libur tahun baru dan anak sekolah, mereka masuk tanggal dua,” pungkasnya.

(ica/JPC)