Libur Natal, Lalu Lintas Menuju Kota Batu Padat Merayap

Selain didominasi kendaraan pribadi dari luar kota seperti Surabaya, Jakarta dan Bandung, sejumlah bus pariwisata turut meramaikan jalan. Maklum saja Kota Batu merupakan salah satu alternatif tujuan wisata bagi para pelancong.

Kasatlantas Polres Batu, AKP Ari Galang Saputro mengatakan, arus lalu lintas Kota Batu cukup padat dikarenakan jumlah volume kendaraan yang berkunjung meningkat tajam dibandingkan hari biasa.

asatlantas Polres Batu AKP Ari Galang Saputro
(Fiska Tanjung/JawaPos.com)

“Saat ini lonjakan kendaraan cukup signifikan di hari Minggu. Terlebih besok juga libur. Terpantau padat,” ujarnya di sela-sela memantau lalu lintas di kawasan jalan Ir Soekarno, Kota Batu, Minggu (24/12).

Melihat situasi dan kondisi, kepadatan arus lalu lintas di Kota Batu diprediksi akan terjadi sampai Senin (25/12) malam. Pihaknya pun sudah melakukan antisipasi untuk mengurai kecamatan. Antara lain, pemberlakuan satu arah dan beberapa rekayasa lalu lintas di daerah rawan padat dan macet.

“Beberapa tempat juga ditutup jalur tengah agar tidak terjadi crossing baik dari atau yang menuju tempat wisata, seperti Jatim Park 3 ini,” paparnya.

Kasatlantas mengungkapkan, kepadatan memang tidak bisa terhindarkan mengingat volume kendaraan dan sarana prasarana di jalan yang memang sangat terbatas. Selain itu, pihaknya juga menyediakan jalur alternatif. Namun, tetap saja ada masyarakat yang membandel dan memaksakan untuk lewat jalur utama dan tengah.

Untuk menghindari kemacetan parah, saat ini petugas masih mencoba mengalihkan kendaraan. “Kami gelontorkan anggota atau personil untuk berjaga antisipasi kemacetan dari Polres Batu berjumlah 255 personil,” pungkasnya.


(fis/JPC)