Lewat Three In One Program, Mahasiswa FEB UB Belajar Manajemen dari Praktisi dan Profesor Luar Negeri

KOTA MALANG – Memanajemen karyawan di sebuah perusahaan bukan pekara yang mudah. Beruntungnya mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) mendapat kesempatan belajar langsung pada praktisinya.

Sebanyak 250 mahasiswa dari berbagai strata pagi tadi (17/9) mempelajari isu Global Competitiviness on Strategic Human Resources. Ratusan mahasiswa itu belajar dari Human Capital and General Services Department PT Bina Pertiwi (Astra Group), Dani Kurniawan, SE.

“Sebuah perusahaan bukan hanya harus bisa memproduksi saja, tapi juga menciptakan inovasi. Hal ini tidak akan terwujud jika karyawan punya jiwa sekadar kerja lalu pulang,” katanya di Aula Gedung D FEB UB.

Oleh karena itu, Dani menegaskan, manajemen harus dimulai sejak perekrutan. Bagaimana seorang human capital harus bisa memproyeksi skill karyawannya. Hal yang perlu diperhatikan pula adalah ketika karyawan diterima dan berprestasi harus ada apresiasi dari perusahaan.

“Sangat penting, karena kalau misal karyawannya sudah dapat prestasi tapi tidak diapresiasi ya jatuhnya nggak nyaman. Ini akan memperlambat perkembangan perusahaan ke depan,” tambahnya.

Tak cuma itu, Dani juga menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan beragam masalah yang datang dari karyawan. Misalnya saat menghadapi demo yang pasti terjadi di perusahaan manapun.

“Ya namanya demo itu menuntut hak, jadi sebagai human capital harus ngerti. Kalau memang ada hak yang belum terpenuhi ya kita harus merundingkan dan menyelesaikannya melalui diskusi dengan manajemen,” bebernya.

Dani sendiri merupakan dosen praktisi dalam three in one program Jurusan Manajemen. Yakni program pembelajaran mahasiswa dengan mendatangkan dosen internal, praktisi, dan profesor dari luar negeri.

“Three in on program ini diadakan tahunan. Kami dan jurusan lain mengirimkan proposal ke universitas. Beruntungnya jurusan manajemen mendapatkan hibahnya,” ujar Ketua Three in One Program, Risca Fitri Ayuni, SE, MM, MBA, CMA.

Tujuan didatangkannya praktisi supaya mahasiswa mengetahui secara langsung pengalaman pemateri di lapangan. Sementara seorang profesor dari luar negeri didatangkan agar mahasiswa tuntas dalam memahami dari sisi penelitian.

“Karena kan untuk S2 harus ada publish jurnal. Belajarnya sama dosen luar negeri itu. Outputnya mahasiswa kaya wawasan dan nanti dosen internal dari Jurusan Manajemen bisa dapat masukan tentang apa yang kurang,” tandasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia