Lewat Tax Goes to School, Siswa SMAN 9 Malang Belajar Soal Pajak Konser

KOTA MALANG – BP2D (Badan Pelayanan Pajak Daerah) Kota Malang menutup rangkaian agenda Tax Goes to School di SMAN 9 Malang, Sabtu (7/12). Melalui agenda kali ini, BP2D mengedukasi generasi muda untuk sadar pajak.

Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto menjelaskan jenis-jenis pajak daerah.

“Kami kenalkan 10 jenis pajak, di antaranya pajak resto, pajak hiburan, hingga pajak reklame. Ini investasi pengetahuan jangka panjang, sehingga ke depan saat dewasa saat mereka punya usaha atau semacamnya bisa sadar pajak,” kata Ade.

BP2D mengemas Tax Goes to School dengan menarik. Tak sekadar memberi materi, tapi juga ada fun games. Ada sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh MC. Bagi yang bisa menjawab, hadiahnya goodie bag.

“Kami mengemasnya ringan, anak-anak suka. Sejak 2014 program ini berjalan, sudah ada kemajuan ya. Anak-anak ini misal ada pentas seni konser besar sudah inisiatif mengurus pajak hiburan ke kami,” terang pria yang juga frontman band d’Kross itu.

Di akhir acara, BP2D menutup dengan penampilan rock band kebanggaan Arema, D’Kross. Para siswa pun maju ke depan panggung berdesak-desakan ikut menyanyikan lagu Arema. Di sela penampilannya, D’Kross juga menggelar kuis.

Salah satu siswa kelas XII Margareta Diah mengaku sangat senang dengan kehadiran BP2D hari ini. “Kami jadi tahu ternyata pajak itu banyak. Kami kira hanya resto atau rumah. Tapi juga konser ada ya, sangat membantu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 9 Malang, Drs Teguh Pramono, MPd turut mengapresiasi gelaran Tax Goes to School. Materinya menurut dia sangat informatif dan berhubungan dengan mata pelajaran ekonomi dan kewirausahaan.

“Di sisi pendidikan karakter, ini untuk membangun kesadaran akan kewajiban membayar pajak. Jadi ketika dewasa nanti mereka sudah punya penguatan kesadaran,” pungkasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra M